Pengaruh Persistensi Laba dan Kualitas Akrual terhadap Earnings Response Coefficient pada Perusahaan Manufaktur dan Perusahaan Keuangan

Ahabba, Brigita (2020) Pengaruh Persistensi Laba dan Kualitas Akrual terhadap Earnings Response Coefficient pada Perusahaan Manufaktur dan Perusahaan Keuangan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_BRIGITA_AHABBA_18043183_383_2020.pdf

Download (416kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh persistensi laba dan kualitas akrual terhadap earnings response coefficient pada dua sektor perusahaan yakni perusahaan manufaktur dan perusahaan keuangan. Respon pasar sekitar tanggal publikasi laporan keuangan akan diukur menggunakan Earnings Response Coefficient (ERC). Persistensi laba akan diukur menggunakan koefisien regresi antar laba dimana akan melihat angka laba komprehensif yang dinilai memiliki relevansi nilai yang lebih tinggi. Kualitas akrual akan diukur dengan mengurangkan working capital dengan cash flow operation. Jenis penelitian ini digolongkan pada penelitian kausatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manfaktur dan keuangan yang terdaftar di BEI tahun 2016 sampai dengan 2018. Sampel penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling sehingga diperoleh 92 sampel perusahaan manufaktur dan 63 sampel perusahaan keuangan. Jenis data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari website www.idx.co.id. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, persistensi laba berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap ERC pada sektor perusahaan manufaktur , sedangkan berpengaruh positif signifikan terhadap ERC pada sektor perusahaan keuangan, sehingga variabel tersebut dapat menentukan tinggi rendahnya ERC. Kedua, kualitas akrual berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap ERC pada dua sektor perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 01 Oct 2020 04:01
Last Modified: 01 Oct 2020 04:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28369

Actions (login required)

View Item View Item