Pengaruh Anggaran Pendidikan, Jumlah Guru dan Jumlah Kelas terhadap Partisipasi Pendidikan Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten/Kota Provinsi Sumatera Barat

Aulia R, Maharani (2020) Pengaruh Anggaran Pendidikan, Jumlah Guru dan Jumlah Kelas terhadap Partisipasi Pendidikan Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten/Kota Provinsi Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_MAHARANI_ AULIA _R_15053086_361_2020.pdf

Download (337kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh anggaran pendidikan, jumlah guru dan jumlah kelas terhadap partisipasi pendidikan SMP di Kabupaten/Kota Provinsi Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan menggunakan objek penelitian sebanyak 19 Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Barat, selama pengamatan tahun (2013-2017). Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui pengaruh anggaran pendidikan, jumlah guru dan jumlah kelas terhadap partisipasi pendidikan SMP di Kabupaten/Kota Provinsi Sumatera Barat ini adalah adalah model regresi panel. Dalam penelitian data panel estimasi data digunakan dalam 3 pendekatan yaitu Common Effect Model (CEM), Fixed Effect Model (FEM), dan Random Effect Model (REM). Adapun dalam pengolahan data menggunakan Eviews 9. Berdasarkan hasil pengujian model regresi data panel dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh negatif dan tidak signifikan antara anggaran pendidikan terhadap partisipasi pendidikan, terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara jumlah guru terhadap partisipasi pendidikan, dan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara jumlah kelas terhadap partisipasi pendidikan SMP di Kabupaten/Kota Provinsi Sumatera Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 30 Sep 2020 02:59
Last Modified: 30 Sep 2020 02:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28362

Actions (login required)

View Item View Item