Pengaruh Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Tingkat Kemiskinan di Provinsi Sumatera Barat

Fadila, Radiatul (2020) Pengaruh Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Tingkat Kemiskinan di Provinsi Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_RADIATUL_FADILA_15053018_1364_2020.pdf

Download (519kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari indeks pembangunan manusia terhadap tingkat kemiskinan di Provinsi Sumatera Barat, pengaruh pertumbuhan ekonomi terhadap tingkat kemiskinan di Provinsi Sumatera Barat, dan pengaruh indeks pembangunan manusia (IPM) dan pertumbuhan ekonomi terhadap tingkat kemiskinan di Provinsi Sumatera Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif, sedangkan data yang digunakan adalah data panel yang merupakan gabungan dari data cross section dan time series, dimana terdapat 19 daerah penelitian yang terbagi dari daerah kabupaten dan kota di Provinsi Sumatera Barat dengan rentang waktu penelitian dari tahun 2013-2018, data penelitian di peroleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Barat. Program pengolah data yang digunakan dalam penelitian ini adalah aplikasi eviews10 dengan model penelitian yang terpilih adalah Random Effect Model. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat dijelaskan bahwa indeks pembangunan manusia memiliki hubungan negatif dan signifikan terhadap tingkat kemiskinan di Provinsi Sumatera Barat, pertumbuhan ekonomi memiliki hubungan negatif dan tidak signifikan terhadap tingkat kemiskinan yang ada di Provinsi Sumatera Barat, sedangkan pengaruh Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan pertumbuhan ekonomi terhadap tingkat kemiskinan di Provinsi Sumatera Barat memiliki hubungan yang signifikan dengan sumbangan variabel bebas terhadap tingkat kemiskinan sebesar 42%. Maka diharapkan pemerintah bisa lebih mengoptimalkan program-program bantuan pendidikan kepada masyarakat miskin serta penerapannya yang tepat sasaran sehingga program- program tersebut benar-benar bisa dirasakan oleh masyarakat miskin dan mengupayakan pemerataan pertumbuhan ekonomi di daerah kabupaten dan kota, serta meningkatkan industri padat karya yang menyerap tenaga lebih banyak, sehingga masyarakat bisa secara langsung merasakan manfaat dari pertumbuhan ekonomi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 29 Sep 2020 04:47
Last Modified: 29 Sep 2020 04:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28338

Actions (login required)

View Item View Item