Pengaruh Asimetri Informasi dan Ketaatan Aturan Akuntansi Terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi di Sektor Pemerintahan Kota Payakumbuh

Adwitiya, Rifandra (2020) Pengaruh Asimetri Informasi dan Ketaatan Aturan Akuntansi Terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi di Sektor Pemerintahan Kota Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_RIFANDRA_ADWITIYA_15043095_1382_2020.pdf

Download (318kB) | Preview

Abstract

Kecenderungan kecurangan akuntansi terjadi dalam bentuk salah saji pada laporan keuangan,penyalahgunaan wewenang dengan menolak informasi oleh bagian keuangan dan akuntansi di pemerintahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh asimetri informasi dan ketaatan aturan akuntansi terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi di pemerintah Kota Payakumbuh. Sampel dari 124 responden ditentukan dengan teknik pengambilan Total Sampling yang terdiri dari kepala bidang atau kepala bagian dan staf bagian keuangan dan akuntansi. Data dianalisis menggunakan rumus regresi berganda dengan bantuan aplikasi SPSS. Studi ini menyimpulkan bahwa asimetri informasi berpengaruh positif signifikan terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi, yang berarti meningkatkan kemungkinan terjadinya kecurangan. Sedangkan kepatuhan terhadap aturan akuntansi tidak mempengaruhi kecenderungan kecurangan akuntansi karena kurangnya penghargaan dan sanksi bagi karyawan yang menerapkan atau melanggar aturan yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - D3
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 29 Sep 2020 04:47
Last Modified: 29 Sep 2020 04:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28335

Actions (login required)

View Item View Item