Internalisasi Nilai Religius dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Daerah Tertinggal: Internalization of Religious Values in Learning Civic and Pancasila Education in Underdeveloped Schools

Hendra, Hendra and Indrawadi, Junaidi and Montessori, Maria (2019) Internalisasi Nilai Religius dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Daerah Tertinggal: Internalization of Religious Values in Learning Civic and Pancasila Education in Underdeveloped Schools. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial, 11 (1). pp. 84-94. ISSN Online: 2407-7429 / Cetak: 2085-482x

[img]
Preview
Text
2 JUNANDI INDRAWAN JURNAL 1.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jupiis/...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses internalisasi nilai religius dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di sekolah daerah tertinggal. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kepulauan Mentawai karena secara geografis Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kepulauan Mentawai terletak di Kabupaten Kepulauan Mentawai sebagai salah satu daerah tertinggal sesuai dengan Peraturan Presiden No. 131 Tahun 2015 Tentang Penetapan Daerah Tertinggal 2015-2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengungkap bagaimana proses internalisasi nilai religius dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kepulauan Mentawai. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, FGD (focus group discussion) dan studi dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis data yang dikemukakan oleh Miles dan Hubermen yang terdiri dari tiga alur kegiatan, yakni reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan triangulasi sumber Hasil penelitian menunjukkan: 1) nilai religius sudah terinternalisasi dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 2) guru tidak melakukan skenario pembelajaran untuk menginternalisasikan nilai religius sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, 3) guru baru sebatas penyampai nilai religius dan belum mengajak peserta didik berpikir kritis tentang nilai religius.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 28 Sep 2020 02:13
Last Modified: 28 Sep 2020 02:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28326

Actions (login required)

View Item View Item