Analisis Kualitas Pelayanan di Kantor Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Pesisir Selatan (Studi Persepsi dan Harapan Pemberi dan Penerima Layanan)

Putra, Windojab (2020) Analisis Kualitas Pelayanan di Kantor Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Pesisir Selatan (Studi Persepsi dan Harapan Pemberi dan Penerima Layanan). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_WINDOJAB _PUTRA_15053132_44_2020.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan persepsi dan harapan pemberi dan penerima layanan di Kantor Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Pesisir Selatan. Dapat dilihat dari enam indikator pemberi dan pengguna layanan masyarakat terhadap peningkatan kualitas pelayanan sumber daya manusia dan sarana prsarana yaitu 1) tangible 2) reliability 3) responsiviness 4) assurance 5) empathy 6) information system yang ditinjau dari persepsi dan harapan pemberi dan penerima layanan berjumlah 68 orang. Jenis penelitian ini adalah termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan survey yang menggunakan data primer sebagai data penelitian dan diperoleh dari kuisioner yang diisi oleh pegawai dan masyarakat di Kantor Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Pesisir Selatan. Sampel penelitian ini berjumlah 68 orang pegawai dan masyarakat. Pengambilan sampel dengan Proporsional random sampling dan accidental sampling. Teknik analisa data yang dipakai adalah analisis deskriptif dan analisis GAP (kesenjangan/ketidaksesuaian antara persepsi dan harapan) dengan menggunakan diagram kartesius. Hasil analisis menunjukan bahwa keenam indikator pemberi dan penerima layanan (masyarakat) terhadap peningkatan kualitas pelayanan di Kantor Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Pesisir Selatan pada kategori cukup baik dari segi persepsi dan harapan pemberi dan penerima layanan. Hasil analisa dengan Importance performance matrik dan diagram kartesius semua indikator pada tabel indeks kepuasan pemberi dan penerima menunjukan bahwa pemberi dan penerima layanan mempersepsikan semua indikator lebih rendah dari yang diharapkan. Keenam indikator tersebut perlu diperbaiki. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan di Kantor Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Pesisir Selatan (studi persepsi dan harapan pemberi dan penerima layanan) cukup baik oleh pemberi dan penerima layanan. Sementara harapan pemberi dan penerima layanan di Kantor Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Pesisir Selatan berada pada kategori tinggi. Oleh karena itu disarankan kepada Pimpinan Kantor untuk meningkatkan kualitas pelayanan di Kantor Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Pesisir Selatan, yaitu bukti fisik (tangible) dan jaminan (assurance).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 23 Sep 2020 03:02
Last Modified: 23 Sep 2020 03:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28317

Actions (login required)

View Item View Item