Hubungan Motivasi Memasuki Dunia Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Bangunan SMK N egeri 5 Padang

Abdullah, Fran Pratama (2020) Hubungan Motivasi Memasuki Dunia Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Bangunan SMK N egeri 5 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_FRAN_PRATAMA_ABDULLAH_1506160_447_2020.pdf

Download (568kB) | Preview

Abstract

Tingginya tingkat pengangguran siswa lulusan SMK yang dipersiapkan untuk peserta didik bekerja dalam bidang tertentu belum sepenuhnya memiliki motivasi dan kesiapan kerja. Sedangkan untuk membentuk, merencanakan, menentukan dan mengambil keputusan setelah lulus SMK melalui program yang diselenggarakan oleh sekolah belum sepenuhnya memotivasi dan mengarahkan siswa untuk kesiapan kerja. Oleh karena itu, perlu adanya untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara motivasi memasuki dunia kerja terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII pada program keahlian Teknik Bangunan di SMK Negeri 5 Padang. Jenis penelitian ini berbentuk penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional. Populasi dan sampel penelitian sebanyak 53 siswa dengan menggunakan teknik Total Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket dengan skala likert. Uji coba penelitian dilakukan pada 30 siswa kelas XII SMK Negeri 1 Padang. Uji validitas menghasilkan 29 butir pemyataan dari 33 butir pemyataan, sedangkan uji reliabilitas sebesar 0,884 yang mana klasifikasi tingkat reliabel dinyatakan sangat andal dan memenuhi syarat sebagai alat pengumpul data dalam penelitian. Dari hasil yang ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi bimbingan karir dengan kesiapan memasuki dunia kerja sebesar Ihitung sebesar 0,563. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi memasuki dunia kerja terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII SMK Negeri 5 Padang tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 29 Mar 2021 01:01
Last Modified: 29 Mar 2021 01:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28307

Actions (login required)

View Item View Item