Evaluasi Teknis Penambangan Bauksit dari Front Penambangan menuju Washing Plant Area untuk Menganalisis Faktor Ketidaktercapaian Target Produksi Berdasarkan Efisiensi Biaya Operasional Penambangan PT. ANTAM Tbk. UBPB Tayan, Kalimantan Barat

Yastavia, Rika (2020) Evaluasi Teknis Penambangan Bauksit dari Front Penambangan menuju Washing Plant Area untuk Menganalisis Faktor Ketidaktercapaian Target Produksi Berdasarkan Efisiensi Biaya Operasional Penambangan PT. ANTAM Tbk. UBPB Tayan, Kalimantan Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_11_RIKA_BASTAVIA_15137068_109_2020.pdf

Download (662kB) | Preview

Abstract

PT. ANTAM Tbk. UBPB Tayan, Kalimantan Barat melakukan kegiatan penambangan pada area Bukit 7B dengan melakukan dua kegiatan kerja dalam proses pengangkutan material ke area pencuciannya. Ore yang ditambang dari front penambangan akan diangkut ke area stockyard ETO(Exportable Transit Ore), kemudian dari stockyard ETO ore tersebut diangkut ke washing plant area. Tetapi karena adanya penumpukan material pada area stockyard ETO maka perusahaan melakukan inisiatif yaitu dengan melakukan direct feeding yakniore yang ditambang dari frontpenambangan akan diangkut langsung menuju ke washing plant areatanpa melakukan stock terlebih dahulu di area stockyard ETO. Berdasarkan pengamatan selama di lapangan target produksi pada Bukit 7B PT. ANTAM Tbk. UBPB Tayan masih belum tercapai, dari hasil perhitungan didapatkan produksi aktual secara teori yaitu sebesar 212.364,65 WMT CBx/bulan dengan biaya operasional yang dikeluarkan oleh perusahaan yaitu sebesar Rp. 177.306,876X. Setelah dilakukan analisis maka didapatkan penyebab dari rendahnya produksi, yaitu akibat efsiensi kerja yang rendah dan tidak adanya perencanaan jam kerja dari kedua teknis penambangan yang sudah dilakukan.Dengan meningkatkan efisiensi kerja dan melakukan perencanaan jam kerja dari teknis penambangan yang ada, maka didapatkan total produksi sebesar 643.405,625 WMT CBx/bulan. Apabila digunakan metode transportasi North West Corner Rule maka biaya operasional minimum yang dapat digunakan oleh perusahaan adalah sebesar Rp. 148.183,58X.Dengan kata lain, metode north west corner rule pada penelitian ini terbuktisangat berpengaruh dan membantu dalam mengefisiensikan atau meminimalisir biaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 29 Mar 2021 01:00
Last Modified: 29 Mar 2021 01:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28297

Actions (login required)

View Item View Item