Hubungan Keterampilan Mengajar terhadap HasilBelajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Frais di SMK Negeri 1 Bukittinggi

Ichsan, Muhammad (2020) Hubungan Keterampilan Mengajar terhadap HasilBelajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Frais di SMK Negeri 1 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
7_A_MUHAMMAD_ICHSAN_15067098_502_2020.pdf

Download (645kB) | Preview

Abstract

Masih belum maksimalnya nilai siswa kelas XII pada mata pelajaran Teknik Pemesinan Frais di SMK Negeri 1 Bukittinggi. Tujuan penelitian ini untuk mencari tahu apakah ada hubungan yang signifikan dari keterampilan mengajar mahasiswa PPLK terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknik Pemesinan Frais. Penelitian ini menggunakan metode korelasi, dimana penulis ingin melihat hubungan antara 2 variabel, yakni keterampilan mengajar dan hasil belajar. Dengan membangun hipotesis bahwa diasumsikan ada hubungan yang signifikan antara keterampilan mengajar dan hasil belajar. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober tahun 2019 di SMK Negeri 1 Bukittinggi pada siswa kelas XII Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Bukittinggi, tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah 88 siswa. Teknik sampling yang dipakai adalah random sampling sejumlah 58 siswa. Hasil analisis data mengungkapkan tingkat keterampilan mengajar mahasiswa PPLK pada mata pelajaran teknik pemesinan frais di SMK Negeri 1 Bukittinggi termasuk dalam kategori Tinggi. Sedangkan indikator hasil belajar termasuk pada kategori Cukup Baik. Dari hasil analisis diperoleh koefisien determinasi keterampilan mengajar mempengaruhi hasil belajar sebesar 35,4% sedangkan 64,6% dipengaruhi oleh faktor lain seperti aktivitas belajar, lingkungan, perhatian orang tua, tingkat IQ siswa, dan lain-lain. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa keterampilan mengajar mahasiswa PPLK terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknik pemesinan frais kelas XII di SMK Negeri 1 Bukittinggi termasuk pada kategori Cukup Kuat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 17 Sep 2020 05:15
Last Modified: 17 Sep 2020 05:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28276

Actions (login required)

View Item View Item