Pengaruh Jumlah Auditor Internal dan Implementasi Sistem Informasi Manajemen Daerah terhadap Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Empiris pada Seluruh Pemerintah Daerah di Provinsi Sumatera Barat)

Sari, Rahma Fadila (2020) Pengaruh Jumlah Auditor Internal dan Implementasi Sistem Informasi Manajemen Daerah terhadap Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Empiris pada Seluruh Pemerintah Daerah di Provinsi Sumatera Barat). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_RAHMA_FADILA_SARI_15043093_1413_2020.pdf

Download (402kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jumlah auditor internal dan implementasi sistem informasi manajemen daerah terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan pemerintah daerah di Sumatera Barat. Ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan pemerintah daerah diukur mulai dari tanggal berakhirnya tahun anggaran sampai dengan tanggal diserahkannya LKPD unaudited oleh pemerintah daerah kepada Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI). Implementasi sistem informasi manajemen daerah diproksikan dengan implementasi SIMDA barang milik daerah (BMD) dan implementasi SIMDA keuangan. Sampel penelitian ini menggunakan total sampling method, sehingga diperoleh ukuran sampel yaitu 80 pemerintah daerah se-Sumatera Barat dari tahun 2015-2018. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan pemerintah daerah adalah sebesar 89 hari. Penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah auditor internal dan implementasi SIMDA keuangan terbukti berpengaruh positif terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan pemerintah daerah, sedangkan implementasi SIMDA BMD tidak terbukti berpengaruh terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan pemerintah daerah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 15 Sep 2020 00:30
Last Modified: 15 Sep 2020 00:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28268

Actions (login required)

View Item View Item