Pengaruh Fair Value Accounting dan Dewan Komisaris terhadap Earning Management yang Dimoderasi oleh Peran Syariah (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2018)

Annisaa, Restu Hanin (2020) Pengaruh Fair Value Accounting dan Dewan Komisaris terhadap Earning Management yang Dimoderasi oleh Peran Syariah (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2018). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_RESTU_HANIN_ANNISAA_16043028_1404_2020.pdf

Download (274kB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor yang dapat menyebabkan terjadinya indikasi manajemen laba adalah penggunaan pengukuran akuntansi nilai wajar dan pengawasan informasi laporan keuangan dari dewan komisaris, syariah yang belakangan ini berkembang pesat khususnya dalam industri perbankan dapat menjadi salah satu faktor yang dapat memoderasi pengaruh tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh fair value accounting (akuntansi nilai wajar) dan dewan komisaris terhadap earning management (manajemen laba). Keterbaruan dari penelitian ini dimana penelitian juga bertujuan untuk mengetahui peran syariah dalam memoderasi pengaruh akuntansi nilai wajar dan dewan komisaris terhadap manajemen laba. Peneliti menguji perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2018 dengan total sampel sebanyak 152 sampel dengan menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akuntansi nilai wajar dan dewan komisaris tidak berpengaruh terhadap manajemen laba, dimana nilai probabilitas dari keduanya lebih besar dari tingkat siginifikansi (0,005). Selain itu, hasil penelitian menyatakan bahwa peran syariah dapat mengurangi pengaruh nilai wajar terhadap manajemen laba dengan tingkat signifikansi 10% (0,10). Namun, peran syariah justru tidak dapat menurunkan pengaruh dewan komisaris terhadap manajemen laba dengan tingkat probabilitas lebih besar dari 0,005. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya yaitu diharapkan untuk dapat menelusuri manajemen laba riil karena pada penelitian ini hanya menggunakan manajemen laba akrual, kemudian diharapkan agar peneliti selanjutnya memperluas sampel yang digunakan dan menambah variabel lain yang dianggap dapat mempengaruhi manajemen laba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 11 Sep 2020 02:56
Last Modified: 11 Sep 2020 02:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28257

Actions (login required)

View Item View Item