Pengaruh Penanaman Modal dalam Negeri, Penanaman Modal Asing dan Tenaga Kerja terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Sumatera Barat

Fauzy, Nickitha Dina (2020) Pengaruh Penanaman Modal dalam Negeri, Penanaman Modal Asing dan Tenaga Kerja terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_NICKITHA_DINA_FAUZY_15060106_38_2020.pdf

Download (283kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh penanaman modal dalam negeri terhadap pertumbuhan ekonomi di Sumatera Barat; (2) pengaruh penanaman modal asing terhadap pertumbuhan ekonomi di Sumatera Barat; (3) pengaruh tenaga kerja terhadap pertumbuhan ekonomi di Sumatera Barat; (4) pengaruh penanaman modal dalam negeri, penanaman modal asing dan tenaga kerja terhadap pertumbuhan ekonomi di Sumatera Barat. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data time series dari tahun 1988 sampai dengan tahun 2018. Metode yang dipakai dalam penelitian ini yaitu model persamaan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini estimasi persamaan linier berganda (OLS) dengan model yang terpilih adalah Newey-West yang memperlihatkan bahwa penanaman modal dalam negeri berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Sumatera Barat, penanaman modal asing berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Sumatera Barat dan tenaga kerja berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi terhadap pertumbuhan ekonomi di Sumatera Barat Berdasarkan hasil penelitian ini penulis menyarankan untuk meningkatkan kualitas penanaman modal dalam negeri, penanaman modal asing dan tenaga kerja di Sumatera Barat supaya tetap stabil dan kondusif. Untuk investasi penanaman modal dalam negeri dan penanaman modal asing di Sumatera Barat dengan memberikan jaminan keamanan yang lebih baik kepada investor, memberi kemudahan proses perizinan dan menjaga agar perekonomian untuk investasi di Sumatera Barat semakin lebih membaik lagi. Selain itu untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan dari tenaga kerja juga sangat diperlukan mengingat persaingan yang semakin meluas dan untuk dapat meningkatkatkan kualitas sumber daya manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 10 Sep 2020 02:20
Last Modified: 10 Sep 2020 02:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28244

Actions (login required)

View Item View Item