ldentifikasi Tugas dan Tanggung Jawab Serta Permasalahan Konsultan Pengawas di Proyek Konstruksi Studi Kasus: Proyek Peningkatan D.I. Batang Antokan di Kabupaten Agam)

Syafri, Rifaldo Hanifa (2020) ldentifikasi Tugas dan Tanggung Jawab Serta Permasalahan Konsultan Pengawas di Proyek Konstruksi Studi Kasus: Proyek Peningkatan D.I. Batang Antokan di Kabupaten Agam). Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_RIFALDO_HANIFAH_SYAFRI_16062065_1283_2020.pdf

Download (734kB) | Preview

Abstract

Daerah irigasi Batang Antokan merupakan salah satu daerah irigasi potensial yang terdapat di Kabupaten Agam Provinsi Surnatera Barnt. Sub-sub irigasi pada D.I Batang Antokan dengan kondisi baik 24,03 %, kondisi sedang 26,36% dan kondisi rusak 49,61 %. Akibat gempa bumi Sumatera Barnt tanggal 30 September 2009 lalu banyak kerusakan infrastruktur irigasi Batang Antokan yang rusak. Sehingga dimulai lah proyek Peningkatan Daerah Irigasi Batang Antokan. Proyek ini dikerjakan oleh kontraktor pelaksana PT. Bina Cipta Utama - PT. Matahari Terbit Grup, KSO dan konsultan pengawas PT. Mulya Sakti Wijaya. Dalam pelaksanaannya proyek Peningkatan D.I Batang Antokan di Kabupaten Agam terdapat beberapa masalah yang terkait dengan pelaksanaan pekerj aan, terutama dalam bidang pengawasan, yang mana pada proyek ini ditemukan tenaga kerja yang bekerja dibawah umur, tidak sesuainya sumber daya manusia yang melakukan pengawasan di lapangan dengan yang tertera dalam organisasi proyek mumi pada konsultan pengawas, dan kesalahan dalam pengukuran. Tujuan dari proyek akhir ini adalah untuk mengetahui tugas dan tanggung j awab konsultan pengawas antarn yang tercantum di dalam kontrak dengan yang terj adi di lapangan serta mengindentifikasi permasalahan yang dihadapi konsultan pengawas di lapangan. Tugas akhir ini menggunakan data primer berupa data tugas dan tanggung jawab yang dilaksanakan di lapangan oleh pihak pengawas dalam proses pelaksanaan proyek dan data sekunder berupa dokumen kontrak PT Mulya Sakti Wijaya selaku pengawas proyek. Data primer dan sekunder yang didapat kemudian dibandingkan untuk mendapatkan gambaran mengenai tugas dan tanggung jawab konsultan pengawas yaitu PT Mulya Sakti Wijaya pada Proyek Peningkatan Daerah Irigasi Batang Antokan. Sehingga dari hasil identifikasi erse but didapatkan hasil bahwa permasalahan yang timbul terj adi akibat adanya poin-poin pada tugas dan tanggung jawab konsultan pengawas yang tidak dilakukan dengan baik pada proyek Peningkatan D.I Batang Antokan terse but.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil dan Bangunan - D3
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:37
Last Modified: 05 Apr 2021 00:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28205

Actions (login required)

View Item View Item