Kontribusi Self Efficacy terhadap Flow Akademik pada Mahasiswa Bidikmisi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang

Diola, Shelin (2019) Kontribusi Self Efficacy terhadap Flow Akademik pada Mahasiswa Bidikmisi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_SHELIN_DIOLA_15011149_4983_2019.pdf

Download (486kB) | Preview

Abstract

Upaya pemerintah memenuhi kewajiban dalam dunia pendidikan salah satunya adalah memberikan program bantuan biaya pendidikan melalui beasiswa Bidikmisi. Beasiswa bidikmisi ini diberikan kepada calon mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi namun memiliki potensi akademik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Beasiswa yang diberikan diharapkan mampu untuk menunjang prestasi akademik. Untuk mencapai prestasi akademik dibutuhkan fokus, menikmati aktivitas akademik dan memiliki motivasi intrinsik yang disebut dengan flow akademik. Untuk meningkatkan flow maka dibutuhkan keyakinan atau kemampuan individu dalam mengerjakan suatu tugas atau aktivitas akademik yaitu self efficacy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi self efficacy terhadap flow akademik pada mahasiswa bidikmisi di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang. Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional. Sampel penelitian sebanyak 44 orang mahasiswa bidikmisi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang angkatan 2015-2018. Teknik penarikan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Penelitian ini menggunakan skala self efficacy yang berjumlah 48 butir pernyataan dengan nilai reliabilitas sebesar 0,967 dan skala flow akademik yang berjumlah 34 butir pernyataan dengan nilai reliabilitas sebesar 0,969. Teknik analisis data dalam penelitian dengan menggunakan analisis regresi yaitu analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat kontribusi positif yang signifikan antara self efficacy terhadap flow akademik pada Mahasiswa Bidikmisi FIP UNP dengan (r) 0,901 dan nilai p = 0,000 (p < 0,05). Sehingga Ha yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa self efficacy berkontribusi terhadap flow akademik dengan R Square sebesar 81,2%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Sep 2020 07:25
Last Modified: 03 Sep 2020 07:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28199

Actions (login required)

View Item View Item