Hubungan Perhatian Orangtua dengan Kepercayaan Diri Siswa

Roza, Widia Elvia (2019) Hubungan Perhatian Orangtua dengan Kepercayaan Diri Siswa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_WIDIA_ELVIA_ROZA_15006079_4860_2019.pdf

Download (295kB) | Preview

Abstract

Kepercayaan diri sangat penting dalam kehidupan anak, baik di rumah maupun di sekolah karena tidak ada perbuatan atau tingkah laku yang tidak didasari oleh adanya rasa percaya diri. Idealnya perhatian orangtua diperlukan dalam meningkatkan kepercayaan diri, karena perhatian orangtua merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi seorang anak untuk percaya diri, namun masih ada orangtua yang kurang dalam memperhatikan anaknya di rumah disebabkan memiliki banyak kesibukan dalam berbagai hal sehingga anak menjadi terabaikan. Akibatnya banyak anak yang kurang percaya diri dalam menyampaikan pendapatnya kepada orang lain baik saat berada di rumah maupun di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara perhatian orangtua dengan kepercayaan diri siswa SMAS Pembangunan Laboratorium UNP. Jenis penelitian adalah deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah siswa SMAS Pembangunan Laboratorium UNP kelas X dan XI yang berjumlah 400 siswa. Sampel penelitian berjumlah 203 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket dengan pilihan jawaban skala model Likert. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan teknik persentase dan untuk melihat hubungan antara kedua variabel digunakan analisis statistik non-parametrik dengan teknik Spearman (Rank Order Correlation) dengan bantuan program SPSS For Windows 20.0. Hasil penelitian ini mengungkapkan (1) perhatian orangtua berada pada kategori tinggi, (2) kepercayaan diri siswa berada pada kategori tinggi, (3) terdapat hubungan yang positif signifikan antara perhatian orangtua dengan kepercayaan diri siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan kepada guru BK untuk menyusun dan mengembangkan program serta menyumbangkan pelayanan yang sesuai agar siswa mampu meningkatkan kepercayaan dirinya. Selain itu, guru BK juga perlu bekerjasama dengan orangtua dalam rangka mengarahkan siswa untuk lebih mampu percaya diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 02 Sep 2020 04:11
Last Modified: 02 Sep 2020 04:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28193

Actions (login required)

View Item View Item