Pengembangan Model Cooperative Learning Berbasis Web pada Mata Kuliah Manajemen Proyek Sistem lnformasi

Ningsih, Sri Restu (2020) Pengembangan Model Cooperative Learning Berbasis Web pada Mata Kuliah Manajemen Proyek Sistem lnformasi. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_SRI_RESTU_NINGSIH_15193045_312_2020.pdf

Download (848kB) | Preview

Abstract

Pengembangan model pembelajaran merupakan kunci memperluas pemahaman akan inovasi dalam proses pembelajaran yang dapat membantu para pendidik dalam mengimplementasikan pembelajaran yang lebih baik. Penelitian awal dilakukan pada beberapa mahasiswa pada mata kuliah Manajemen Proyek Sistem Informasi, yang menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiswa perlu ditingkatkan dengan adanya pengembangan model pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengembangkan sebuah model pembelajaran Cooperative Learning berbasis web yang valid, praktis dan efektif Metodologi penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan prosedur ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Data kualitatif dikumpulkan melalui observasi, diskusi dan wawancara, sedangkan data kuantitatif dikumpulkan melalui kusioner. Kedua alat pengumpul data divalidasi oleh tenaga ahli pada pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD). Penelitian dan pengembangan ini dilakukan pada sejumlah Dosen dan mahasiswa pada mata kuliah Manajemen Proyek Sistem Informasi, yaitu sejumlah 29 orang mahasiswa STMIK Indonesia Padang.Berdasarkan analisis kebutuhan menunjukkan hasil kebutuhan terhadap pengembangan model ini sebesar 85,07%. Penelitian ini menghasilkan model Cooperative Learning on E-Assignment Responsive (CLEAR) dan produk yang terdiri dari: (1) buku model; (2) buku modul; (3) buku panduan aplikasi untuk mahasiswa; (4) buku panduan pembelajaran model CLEAR untuk Dosen; (5) aplikasi E-Assignment. Analisis data hasil penelitian menunjukkan instrumen penelitian disertasi valid (0.81), model CLEAR sangat praktis (90,1) aplikasi Model CLEAR valid (0.83) dan sangat praktis (90.10), buku model valid (0.80) dan praktis (90,6), buku panduan aplikasi valid (0.84) dan praktis (82,1), buku modul valid (0.86), buku panduan pembelajaran valid (0.89) dan praktis (89,1). Pada uji efektivitas menunjukkan bahwa hasil uji Pretest memiliki rata-rata skor 74,14 sedangkan skor rata-rata saat Posttest adalah 81,74 dengan demikian dinyatakan bahwa skor pengembangan model CLEAR terjadi peningkatan skor yaitu sebesar 7 ,60 point. Berdasarkan hasil analisis data diatas dapat disimpulkan bahwa model yang dikembangkan memenuhi kelayakan untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:37
Last Modified: 05 Apr 2021 00:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28191

Actions (login required)

View Item View Item