Layanan Perlindungan Perempuan dan Anak Korban Kekerasan Melalui Program SILARAS (Sistem Informasi Layanan Pengaduan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak) di Kota Padang

Armelyta, Armelyta (2019) Layanan Perlindungan Perempuan dan Anak Korban Kekerasan Melalui Program SILARAS (Sistem Informasi Layanan Pengaduan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak) di Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_ARMELYTA_2667_15052100_2019.pdf

Download (257kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pelayanan program SILARAS (sistem informasi layanan pengaduan kekerasan terhadap perempuan dan anak) di Kota Padang. Program Silaras ini dibuat untuk melayani dalam melaporkan kekerasan yang dialami sendiri maupun yang dilihat oleh masyarakat agar berkurangnya tingkat kekerasan yang dialami oleh perempuan dan anak di Kota Padang. Bertujuan untuk mempermudah layanan dalam pelaporan kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kota Padang melalui program SILARAS dalam menangulangi kekerasan terhadap perempuan dan anak, melihat faktor pendukung dari program SILARAS, dan melihat faktor penghambatnya. Adapun Metode peneliti yang di gunakan dalam penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan tekni keabsahan data trigulasi. Metode penelitian kualitatif merupakan proses penelitian ilmiah yang lebih dimaksudkan dalam memahami masalah manusia dalam konteks sosial dengan menciptkan gambaran yang menyeluruh serta kompleks disajikan, melaporkan pandangan yang terperinci dari berbagai sumber informasi, serta dilakukan dengan setting yang alamiah tanpa adanya intervensi ada pun dari peneliti Heriansyah dalam. Penelitian ini berlokasi di kantor Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DP3AP2KP). Lokasi di DP3AP2KP dipilih, karena disana yang mengelola progam SILARAS. Sumber data dari penelitain ini ialah pengurus dari program SILARAS dan klien dari SILARAS. Dokumen yang digunakan dalam penelitian ini merupakan suber tertulis yang berupa buku, sumber arsip, dan dokumen resmi di DP3AP2KB tentan program SILARAS. Temuan penelitian ini adalah pertama, program SILARAS dalam menangani pelayan pengaduan kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kota Padang berdasarkan observasi yang dilakukan bahwa layanan pengaduan SILARAS belum cukup baik dalam menindak lanjuti kasus tersebut, kedua faktor penghambat dari program SILARAS dapat dilihat bahwa kurang paham masyarakat dalam menggunakan silaras serta krangnya sumberdaya manusia dalam mengelola program SILARAS, serta kurangnya biaya dalam kemanan situs SILARAS., ini dibuktikan pada tahun 2019 bulan Desember Program SILARAS pernah di hack sehingga informasi dan data yang masuk keprogram tidak bisa diselamatkan membuat program SILARAS tidak bisa gigunakan pada saat ini. ketiga faktor pendukung dari Program SILARAS terdiri dari kominikasi antar organisasi berjalan dengan baik, struktur birokrasi cukup bagus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 01 Sep 2020 07:45
Last Modified: 01 Sep 2020 07:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28183

Actions (login required)

View Item View Item