Pelaksanaan Sekolah Ramah Anak di SMP N 11 Padang

Putri, Andini (2019) Pelaksanaan Sekolah Ramah Anak di SMP N 11 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_ANDINI_PUTRI_2624_15052099_2019.pdf

Download (337kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan sekolah ramah anak di SMP N 11 Padang, serta mengidentifikasi faktor pendukung maupun faktor penghambat pelaksanaan sekolah ramah anak yang dihadapi sekolah tersebut. Jenis penelitian kualitatif metode deskriptif dengan mengambil lokasi penelitian di SMP N 11 Padang. Penyajian data diuraikan dalam bentuk uraian deskripsi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Informan penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru, siswa, dan orang tua siswa petugas kantin, ketua komite dan masyarakat sekitar. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Adapun validasi data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan sekolah ramah anak di SMP N 11 Padang secara keseluruhan sudah baik. Hal ini dapat dilihat dari segi komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi. Namun ada beberapa hal yang belum dilaksanakan seperti tidak adanya tim khusus pelaksana sekolah ramah anak, tidak adanya deklarasi bersama sebagai sekolah ramah anak, dan belum adanya kurikulum khusus sekolah ramah anak. Faktor pendukung pelaksanaan sekolah ramah anak antara lain kualitas sekolah, komitmen dan keseriusan pihak pelaksana, serta komitmen dan keseriusan dari pihak terkait lainnnya. Sedangkan faktor penghambat antara lain belum adanya kurikulum khusus sekolah ramah anak, ketersediaan tanah dan dana yang minim, tidak adanya tim khusus pelaksana sekolah ramah anak serta kurangnya partisipasi dari orang tua peserta didik seperti ketidakpedulian ketika ada panggilan dari pihak sekolah. Berdasarkan temuan ini diharapkan dinas terkait, pihak sekolah dan orang tua dapat lebih berpartisipasi dan mengupayakan terlaksananya sekolah ramah anak yang lebih baik lagi karena sekolah ramah anak merupakan suatu kebutuhan yaitu mampu memenuhi hak anak dan melindunginya, karena sekolah menjadi rumah kedua bagi anak, setelah rumahnya sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 01 Sep 2020 07:45
Last Modified: 01 Sep 2020 07:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28178

Actions (login required)

View Item View Item