Pernikahan Anak Dalam Perspektif Sosial Budaya (Studi Kasus Di Kampung Akad Kenagarian Padang XI Punggasan Kab Pesisir Selatan)

Yanti, Afrina (2019) Pernikahan Anak Dalam Perspektif Sosial Budaya (Studi Kasus Di Kampung Akad Kenagarian Padang XI Punggasan Kab Pesisir Selatan). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_AFRINA_YANTI_2554_15052098_2019.pdf

Download (317kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Faktor-faktor penyebab pernikahan anak dalam perspektif sosial budaya di Kampung Akad Kenagarian Padang XI Punggasan Pesisir Selatan, serta Mengidentifikasi Bentuk-bentuk dampak pernikahan anak dalam perspektif sosial budaya di Kampung Akad Kenagarian Padang XI Punggasan Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, data didapat dari sumber data primer dan data sekunder dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta wawancara mendalam dengan informan penelitian. Subyek penelitian adalah pasangan yang menikah pada usia anak, orang tua pasangan yang menikah pada usia anak, masyarakat serta aparatur nagari di kampong Akad. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pernikahan anak dalam perspektif sosial budaya dipengaruhi oleh faktor pendidikan orang tua, faktor kemiskinan/ekonomi, faktor tradisi/sosial budaya, dan faktor pergaulan bebas. Sedangkan dampak dari Pernikahan anak dalam perspektif sosial budaya ini dapat dilihat dari aspek keluarga, aspek ekonomi, dan aspek lingkungan sosial. pernikahan anak di kampung Akad ini sebagian besar telah bercerai, sebahagian yang lain tidak harmonis dan ada juga yang menikah lagi, hanya ada satu keluarga yang cukup harmonis, hal karena suami yang rajin dan berasal dari keluarga yang relatif mapan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 01 Sep 2020 07:45
Last Modified: 01 Sep 2020 07:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28177

Actions (login required)

View Item View Item