Pengembangan Kamus Mnemonic Sebagai Sumber Belajar Sejarah Indonesia di Sekolah Menengah Atas

Ramadani, Suci (2019) Pengembangan Kamus Mnemonic Sebagai Sumber Belajar Sejarah Indonesia di Sekolah Menengah Atas. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_SUCI_RAMADANI_3707_15046011_2019.pdf

Download (458kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sumber belajar yang dapat mempermudah peserta didik dalam mengingat fakta dan konsep pada mata pelajaran Sejarah Indonesia, dengan begitu dikembangkan produk berupa kamus mnemonic, yaitu kamus yang berisi singkatan kata, makna kata serta penjelasannya, mnemonic merupakan cara untuk meningkatkan daya ingat. Kamus mnemonic ini dikembangkan dalam ukuran praktis sehingga mudah dibawa kemana-mana, di samping itu kamus ini tidak hanya dapat digunakan pada saat proses belajar mengajar di sekolah akan tetapi dapat digunakan secara mandiri di rumah sebagai penunjang kebutuhan sumber belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D), dengan menggunakan model pengembangan 4-D. Model ini terdiri dari 4 tahap pengembangan, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran), penelitian ini dilakukan hanya sampai pada tahap pengembangan saja. Subjek yang diteliti adalah peserta didik kelas X IPS 2 di SMAN 7 Padang. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bagaimana proses pengembangan dari kamus mnemonic melalui beberapa tahapan yaitu 1) mengumpulkan sumber bahan bacaan yang berkaitan dengan KI dan KD pada mata pelajaran Sejarah Indonesia di kelas X; 2) mengklasifikasikan singkatan kata pada kamus mnemonic berdasarkan sub materi pada pembelajaran Sejarah Indonesia; 3) menyusun singkatan kata berdasarkan urutan abjad A-Z. Setelah kamus dirancang selanjutnya dilakukan hasil uji kelayakan dan uji kepraktisan, skor rata-rata kelayakan dari ahli materi dan ahli sumber belajar sebesar 3.55 dengan kriteria sangat layak, selanjutnya skor rata-rata kepraktisan kamus mnemonic dari guru dan peserta didik yaitu sebesar 3.60 dengan kriteria sangat praktis, Maka kamus mnemonic sebagai sumber belajar Sejarah Indonesia di Sekolah Menengah Atas yang telah diuji cobakan dapat membantu peserta didik dalam mengingat baik fakta maupun konsep yang ada pada mata pelajaran Sejarah Indonesia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 01 Sep 2020 07:45
Last Modified: 01 Sep 2020 07:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28172

Actions (login required)

View Item View Item