Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Sejarah Indonesia Siswa Kelas XI SMAN 5 Padang

Eryuliana, Rina (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Sejarah Indonesia Siswa Kelas XI SMAN 5 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_RINA_ERYULIANA_2132_14046085_2019.pdf

Download (272kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pelajaran sejarah. Hal ini dibuktikan dengan masih banyak hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah Indonesia yang berada dibawah KKM 75 dan siswa juga kesulitan tentang pemahaman sebab-akibat peristiwa sejarah pada materi pelajaran sejarah. Salah satu penyebabnya adalah model pembelajaran sejarah yang digunakan oleh guru mata pelajaran sejarah SMAN 5 Padang masih dominan menggunakan model konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap hasil belajar sejarah Indonesia siswa kelas XI IPS SMAN 5 Padang dalam kemampuan memahami sebab-akibat peristiwa sejarah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Data diperoleh dari hasil belajar siswa kelas XI IPS SMAN 5 Padang. Populasi penelitian ini terdiri dari 3 kelas, pemilihan sampel diambil berdasarkan teknik random kelompok. Hipotesis yang dikemukakan adalah terdapat pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap kemampuan siswa dalam pemahaman sebab-akibat (kausalitas) pada peristiwa sejarah. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Indonesia kelas XI IPS SMAN 5 Padang. Setelah dilakukan pretest dan posttest, terdapat perbedaan nilai rata-rata. Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 6,62 dan kelas kontrol 4,07. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 8,03 dan kelas kontrol 7,03. Analisis uji normalitas menunjukkan kedua sampel berdistribusi normal yaitu Lhit < L.tab, kelas eksperimen 0,719 dan kelas kontrol 0,582 dengan L.tab 0,886. Hasil uji homogenitas sampel memiliki varian yang homogen yaitu F.hit 1,0<1,7. Hasil uji t menunjukkan Thit> Ttab yakni 3,5405>2,0555 sehingga dapat dinyatakan H1 diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Indonesia kelas XI IPS SMAN 5 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 01 Sep 2020 07:44
Last Modified: 01 Sep 2020 07:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28153

Actions (login required)

View Item View Item