Pengembangan Majalah Digital sebagai Sumber Belajar pada Pembelajaran Sejarah Indonesia di SMA

Pratiwi, Rifani Indah (2019) Pengembangan Majalah Digital sebagai Sumber Belajar pada Pembelajaran Sejarah Indonesia di SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_RIFANI_INDAH_PRATIWI_1395_14046084_2019.pdf

Download (303kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurang bervariasinya sumber belajar pada pembelajaran Sejarah Indonesia di SMA. Sumber belajar digunakan agar siswa mempunyai pengetahuan yang luas, dan dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Tujuan penelitian untuk menghasilkan produk berupa majalah digital sebagai sumber belajar pada pembelajaran Sejarah Indonesia dengan materi perkembangan penjajahan bangsa Belanda di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dilakukan dengan model ADDIE yang terdiri dari beberapa tahap yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Namun penelitian ini hanya sampai pada tahap Implementation. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 SMAN 7 Padang. Uji validitas dan Praktikalitas penelitian berdasarkan penilaian ahli materi, sumber belajar, guru dan siswa dengan menggunakan angket. Hasil uji validasi dikategorikan sangat valid. Analisis data angket dinyatakan sangat valid dari segi pemilihan logo, pemilihan headline, pemilihan slogan, foto dan gambar pada halaman sampul dan halaman isi, pemilihan huruf pada halaman sampul dan halaman isi, pemilihan rubrikasi, tata letak, pemilihan backround, komposisi warna, ukuran huruf, penggunaan spasi, sajian foto menarik, tampilan video dan suara video jelas, dan majalah digital mudah untuk digunakan. Analisis data angket dinyatakan valid dari segi tanggal terbit dan edisi tersedia, jenis huruf, dan suara video mudah dipahami. Majalah digital yang praktis digunakan menurut penilaian guru dilihat dari item mempermudah guru dalam pembelajaran, mengubah peran guru dari pengajar ke fasilitator, dan majalah digital dapat digunakan kapan saja sesuai kebutuhan. Sedangkan majalah digital yang sangat praktis digunakan menurut penilaian guru dilihat pada item majalah digital mudah digunakan, memperjelas sajian materi karena mampu menampilkan gambar dan video, dapat dijadikan sebagai sumber belajar alternatif, dapat digunakan berulang-ulang kali, membuat waktu pembelajaran jadi lebih efisien, dapat meningkatkan partisipasi siswa, membuat siswa bersemangat dalam mencari informasi, membuat siswa betah berada di dalam kelas, dan majalah digital membuat siswa tidak ribut dalam proses pembelajaran. Majalah digital yang sangat praktis digunakan menurut penilaian siswa dilihat pada item meningkatkan partisipasi, membuat siswa betah, membuat siswa tidak ribut, membuat siswa lebih fokus dalam belajar dan tidak mengantuk, dapat membuat siswa bersemangat dalam mencari informasi, majalah digital menarik sehingga tidak bosan membacanya, gambar dan video meningkatkan semangat belajar, membuat siswa bersemangat dalam mempelajari dan memahami Sejarah Indonesia, dan membuat siswa bersemangat untuk mendapatkan nilai bagus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 01 Sep 2020 07:44
Last Modified: 01 Sep 2020 07:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28152

Actions (login required)

View Item View Item