Analisis Usability Aplikasi Nagari Mobile Banking Menggunakan Metode USE Questionnaire

Kasih, Arnanda (2020) Analisis Usability Aplikasi Nagari Mobile Banking Menggunakan Metode USE Questionnaire. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_ARNANDA_KASIH_1302890_1029_2020.pdf

Download (763kB) | Preview

Abstract

Analisis usability pada suatu aplikasi membantu memberikan evaluasi dalam pengembangan aplikasi. Saat ini banyak sekali bank yang menawarkan beragam layanan perbankan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi.Salah satu layanan perbankan tersebut adalah layanan mobile banking. Namun tidak sedikit dari mobile banking tersebut yang tidak dapat memenuhi tujuan awal pembuatan aplikasi mobile banking sehingga seringkali mengecewakan penggunanya. Melalui analisis usability dapat membantu meningkatkan penggunaan aplikasi dari perspektif penggunanya. Analisis usability mampu memberi masukan bagi pengelola aplikasi tersebut untuk mengembangkannya dengan lebih inovatif. Usability berarti tingkat suatu produk dapat memenuhi tujuan penggunaannya yang ditinjau dari segi kegunaannya, kemudahan menggunakannya,kemudahan untuk mempelajarinya dan kepuasan penggunanya. Dimana dalam pendekatannya, penelitian ini menggunakan dasar teori Usability Lund, dimana terdapat empat syarat agar suatu sistem maupun aplikasi dapat dikatakan usable, yaitu Usefulness, Ease of Use, Ease of Learning dan Satisfaction. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner yang disebar kepada 42 orang pengguna Nagari Mobile Banking. Pengolahan data kuisioner menggunakan metode skala likert dengan bantuan aplikasi SPSS versi 22. Penelitian ini menemukan bahwa aplikasi Nagari Mobile Banking Variabel Usefulness, Ease of Use, Ease of Learning, dan Satisfaction secara bersama sama berkontribusi signifikan terhadap Usability Nagari Mobile Banking sebesar 51 % .. Variabel Usefulness memberikan kontribusi yang signifikan terhadap Usability Nagari Mobile Banking sebesar 6,15% ,variabel Ease of Use memberikan kontribusi terhadap Usability Nagari Mobile Banking sebesar 24,3%, variabel Ease of Learning memberikan kontribusi terhadap Usability Nagari Mobile Banking sebesar 5,52%, variabel Satisfaction memberikan kontribusi terhadap Usability Nagari Mobile Banking sebesar 15,36%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 25 Mar 2021 00:57
Last Modified: 25 Mar 2021 00:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28148

Actions (login required)

View Item View Item