Pengaruh Pelaksanaan Oral History Dalam Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Sejarah Di SMAN 2 Painan

Resmala, Resky (2019) Pengaruh Pelaksanaan Oral History Dalam Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Sejarah Di SMAN 2 Painan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_RESKY_RESMALA_3967_14046082_2019.pdf

Download (340kB) | Preview

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk melihat pengaruh model project based learning terhadap hasil belajar sejarah peserta didik kelas XI IPA SMAN 2 Painan dari kemampuan memahami fakta pada peristiwa sejarah. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen, data diperoleh dari hasil belajar peserta didik kelas XI IPA. Populasi penelitian ini adalah kelas XI IPA SMAN 2 Painan yang berjumlah 296 orang, pemilihan sample diambil dari kelas XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 5 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 66 orang. Pengambilan data dilakukan dengan cara pemberian soal pretest dan posttest sebanyak 40 butir soal. Hipotesis yang dikemukakan adalah pelaksanaan oral history dengan project based learning terhadap kemampuan peserta didik tentang pemahaman fakta pada peristiwa sejarah. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan ada pengaruh dari pelaksanaan oral history dengan project based learning pada mata pelajaran sejarah Indonesia kelas XI IPA SMAN 2 Painan. setelah dilakukan pretest dan posttest terdapat perbedaan nilai rata-rata. Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 6,733 dan kelas kontrol 7,466. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 11,9 dan kelas kontrol 8,3. Analisis uji normalitas menunjukan kedua sampel berdistribusi normal yaitu Lhit<Ltab kelas eksperimen 0,6858<0,886 dan kelas kontrol 0,8434<0,886. Hasil uji homogenitas sampel memiliki varian homogen yaitu 1,667< 1,699. Hasil uji t menunjukan Thit>Ttab yakni 5,9433>2,0452 sehingga dapat dinyatakan H1 diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pelaksanaan oral history dengan project based learning terhadap hasil belajar sejarah peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Indonesia kelas XI IPA SMAN 2 Painan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 01 Sep 2020 07:44
Last Modified: 01 Sep 2020 07:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28147

Actions (login required)

View Item View Item