Hubungan Suasana Komunikasi Interpersonal antara Guru dan Siswa dengan Keaktifan Belajar Siswa di SMK N 2 Kota Solok

Fitri, Nilma (2019) Hubungan Suasana Komunikasi Interpersonal antara Guru dan Siswa dengan Keaktifan Belajar Siswa di SMK N 2 Kota Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_NILMA_FITRI_14006080_4910_2019.pdf

Download (446kB) | Preview

Abstract

Keaktifan belajar merupakan hal yang terpenting dalam proses pembelajaran. Untuk meningkatkan mutu pembelajaran di butuhkan keaktifan belajar siswa. Namun kenyataan yang ditemukaan masih banyak siswa yang pasif dalam belajar. Salah satu faktor yang diduga dapat mempengaruhi keaktifan belajar adalah suasana komunikasi interpersonal antara guru dan siswa dalam proses pembelejaran. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan tingkat keaktifan belajar siswa, (2) mendeskripsikan tingkat suasana komunikasi interpersonal antara guru dan siswa dan (3) menguji signifikansi hubungan suasana komunikasi interpersonal antara guru dan siswa dengan keaktifan belajar siswa SMK. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini sebanyak 459 orang siswa SMK N 2 Solok dan sampel sebanyak 214 orang siswa yang dipilih dengan Proportional Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala suasana komunikasi interpersonal dan skala keaktifan belajar. Data ini dianalisi dengan teknik statistic deskriptif dan teknik Pearson Product Moment dengan bantuan Program SPSS for windows 20. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa (1) suasana komunikasi interpersonal yang dirasakan oleh siswa berada pada kategori baik, (2) keaktifan belajar siswa berada pada kategori tinggi, (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara suasana komunikasi interpersonal dengan keaktifan belajar siswa dengan koefisien korelasi 0,312 dan taraf signifiknasi 0,000. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif signifikan antara suasana komunikasi interpersonal dengan keaktifan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 01 Sep 2020 07:43
Last Modified: 01 Sep 2020 07:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28145

Actions (login required)

View Item View Item