Pengaruh Media pembelajaran Berbasis Mobile Device terhadap hasil Belajar Sistem Komputer Siswa Kelas X Multimedia Di SMK Negeri 1 Ranah Pesisir

PUTRI, NANI PERMADANA (2020) Pengaruh Media pembelajaran Berbasis Mobile Device terhadap hasil Belajar Sistem Komputer Siswa Kelas X Multimedia Di SMK Negeri 1 Ranah Pesisir. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_ NANI_PERMADANA_ PUTRI_15076062_410_2020.pdf

Download (693kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh media pembelajaran yang digunakan oleh guru masih mengunakan metode caramah dari awal sampai akhir hal ini mangakibatkan proses pembelajaran kurang efektif dan timbul rasa bosan sehingga minat belajar siswa menurun. Untuk itu dalam mengatasi masalah tersebut di terapkan media pembelajaran yang memberikan perluasan kreativitas dan berfikir kritis kepada siswa. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengungkapkan pengaruh Media pembelajaran Berbasis Android terhadap hasil Belajar Sistem Komputer Siswa Kelas X Multimedia Di Smk Negeri 1 Ranah Pesisir. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Ranah Pesisir pada mata pelajaran Sistem Komputer kelas X Multimedia . Penelitian ini termasuk kepada jenis penelitian Quasi Experiment dengan design Pretest-Posttest Control Group Design.. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MM 1 dan MM 2 sampel yang digunakan MM 1 terdiri dari 22 orang sebagai kelas kontrol dan kelas X MM 2 terdiri dari 22 orang sebagai kelas Eksperimen Pengujian instrument dilakukan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen . Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar (pretest dan posttest) berupa soal objektif sebanyak 40 soal. Data yang dianalisis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (t-test). Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran berbasis mobile device memiliki nilai rata-rata 67,59 yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional dengan nilai rata-rata 66,77. Hasil uji hipotesis nilai yang data posstest di peroleh yaitu sig (2-tailed) sebesar 0,030 dan nilai taraf signifikan 0,05 sehingga nilai sig (2-tailed) Sehingga hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran berbasis android terhadap hasil belajar sistem komputer siswa kelas x multimedia di smknl ranah pesisir

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:37
Last Modified: 05 Apr 2021 00:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28144

Actions (login required)

View Item View Item