Kajian Geometri Peledakan untuk Mendapatkan Fragmentasi yang Optimal Pada Penambangan Batu Andesite PT. Koto Alam Sejahtera Kabupaten 50 Kota Provinsi Sumatera Barat.

Fazira, Mia (2020) Kajian Geometri Peledakan untuk Mendapatkan Fragmentasi yang Optimal Pada Penambangan Batu Andesite PT. Koto Alam Sejahtera Kabupaten 50 Kota Provinsi Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_11_MIA_FAZIRA_18137061_673_2020.pdf

Download (558kB) | Preview

Abstract

Penambangan Batu Andesite di PT. Koto Alam Sejahtera dengan sistem tambang terbuka (surface mining) dengan metoda penambangan Quarry. Adapun persentase fragmentasi hasil peledakan berukuran boulder yang dihasilkan saat ini dilapangan yaitu ± 35 % akibatnya diggability alat gali muat tidak maksimal dan target produtivitas alat gali muat yang direncanakan perusahaan sebesar 100 bcm/jam tidak tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk merancang geometri peledakan yang baru untuk mendapatkan hasil fragmentasi yang optimal sehingga kegiatan pemuatan menjadi efektif dan target produktivitas tercapai. Metode penelitian dilakukan dengan memberikan rekomendasi geometri peledakan bedasarkan teori R.L. Ash dan C.J. Konya dan dilakukan penerapan dari salah satu rancangan geometri peledakan tersebut di lapangan sehingga didapatkan rancangan geometri peledakan yang optimum dari salah satu rancangan geometri peledakan tersebut untuk bisa diterapkan kedepannya bagi perusahaan. Dasar hasil penerapan di lapangan terhadap salah satu rancangan usulan geometri peledakan yaitu: burden: 2 m , spasi: 2 m, stemming: 1,4 m, subdrilling: 0,6 m, tinggi jenjang: 6 m, kedalaman lubang ledak 6,5 m, powder colomn: 5, 1 m, dan powder factor: 0,68 kg/m3 dimana fragmentasi ukuran boulder yang dihasilkan dari analisis sowftware split desktop sebesar O %. Adapun digging time yang dihasilkan 9,23 detik, bucket fill factor 60%, dan produktivitas alat gali muat yang dihasilkan yaitu 108,54 bcm/jam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 29 Mar 2021 03:23
Last Modified: 29 Mar 2021 03:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28139

Actions (login required)

View Item View Item