Pengembangan Panduan Penggunaan Mastercam pada Mata Pelajaran NC/CNC dan CAM Kelas XII Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Payakumbuh 2020

Putra, Rahmad Fariska (2020) Pengembangan Panduan Penggunaan Mastercam pada Mata Pelajaran NC/CNC dan CAM Kelas XII Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Payakumbuh 2020. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_RAHMAD_FARISKA_PUTRA_15067103_640_2020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Belum tersedia bahan ajar mandiri bagi siswa yang sesuai dengan silabus mata pelajaran NC/CNC dan CAM membuat belum efektifnya proses pembelajaran. Pengembangan bahan ajar mandiri yang baik dapat membuat siswa lebih giat dalam meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan panduan pembelajaran penggunaan Mastercam dan mengetahui keefektifan penggunaan media panduan pada mata pelajaran NC/CNC dan CAM. Jenis penelitian ini adalah pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada model pengembangan Borg and Gall. Penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2019/2020. Tahap pengembangan panduan penggunaan Mastercam meliputi: Tahap pengukuran kebutuhan dan studi literature, Tahap perencanaan pengembangan produk, tahap pengembangan draft produk dengan mengujikan kepada ahli materi dan ahli media, tahap uji coba, tahap revisi hasil uji coba, tahap uji efektivitas produk dan penyempumaan produk akhir. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket (kuesioner) dan soal (pretest-posttest). Teknik analisis data yang dilakukan dengan deskriptif kuantitatif dan membandingkan hasil uji pretest sebelum diterapkan panduan dalam proses pembelajaran dengan posttest setelah diterapkan panduan pembelajaran pada kelas XII TPM 1. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran berupa panduan penggunaan Mastercam pada mata pelajaran NC/CNC dan CAM untuk siswa kelas XII SMK. Media panduan pembelajaran secara keseluruhan dinyatakan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar mandiri bagi siswa, atas dasar penilaian dari ahli materi, guru mata pelajaran, ahli media, hasil uji coba I dan uji coba II secara keseluruhan mendapatkan nilai rata-rata sebesar 4,42 dengan kriteria sangat baik. Uji efektivitas panduan pembelajaran ini memperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 82,5 yang lebih tinggi dari nilai rata-rata pretest yaitu sebesar 59,285. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media panduan penggunaan Mastercam efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:37
Last Modified: 05 Apr 2021 00:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28138

Actions (login required)

View Item View Item