Karakteristik Soal Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) Mata Pelajaran Sejarah Di SMA N 7 Padang dan SMA Pembangunan Laboratorium UNP Tahun Ajaran 2018/2019 (Analisis dengan Program Iteman)

Nilawati, Nilawati (2019) Karakteristik Soal Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) Mata Pelajaran Sejarah Di SMA N 7 Padang dan SMA Pembangunan Laboratorium UNP Tahun Ajaran 2018/2019 (Analisis dengan Program Iteman). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_NILAWATI_4412_1201717_2019.pdf

Download (418kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran secara jelas mengenai karakteristik soal Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional mata pelajaran sejarah peminatan kelas XII IPS di SMA N 7 Padang dan SMA Pembangunan Laboratorium UNP tahun ajaran 2018/2019 ditinjau dari segi kualitas tes yang meliputi : validitas, Reliabilitas, kesalahan pengukuran (standard error of measurement/SEM), dan dari segi kualitas butir soal yang meliputi: Daya Pembeda, Tingkat Kesukaran dan Efektivitas Pengecoh. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat evaluasi dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan di SMA N 7 Padang dan SMA Pembangunan Laboratorium UNP dengan sampel sebanyak 179 lembar jawaban siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan bantuan aplikasi Item and Test Analysis (ITEMAN) microCAT version 3.00.Populasi dari penelitian ini adalah semua lembar soal ujian akhir sekolah. Sampel dalam penelitian ini adalah lembar jawaban yang telah dikerjakan oleh siswa. Hasil penelitiandi SMA N 7 Padangmenunjukkan bahwa: (1) Validitas item yang valid sebanyak 26 butir (2) Reliabilitas tes sebesar 0.592, (3) Kesalahan pengukuran/SEM sebesar 2.960, (4) Daya beda beda soal sebanyak 18 butirkategori cukup (5) Efektivitas pengecoh sebanyak 18 butir dan (6)Tingkat kesukaran sebanyak 34 butir soal dengan kategori sedang, sedangkan hasil penelitian di SMA Pembangunan Laboratorium UNP menunjukkan bahwa : (1) Validitas item yang valid sebanyak 23 butir, (2) Reliabilitas tes sebesar 0.448, (3) Kesalahan pengukuran/SEMsebesar 3.027, (4) Daya beda soal sebanyak 14 butir kategori cukup, (5) Efektivitas pengecoh sebanyak 16 butir, (6) Tingkat kesukaran sebanyak 39 butir soal dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil temuan dapat disimpulkan bahwa karakteristik soal tes UASBN mata pelajaran sejarah kelas XII IPS dengan menggunakan program ITEMANdi SMA N 7 Padang lebih baik hal ini ditunjukkan dari segi validitas yang tinggi, dari segi reliabilitas tes hasilnya cukup, dari segi kesalahan pengukuran hasilnya kecil, dari segi daya beda hasilnya cukup, dari segi efektivitas pengecoh hasilnya sangat baik, dan dari segi tingkat kesukaran kategori sedang hasilnya baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 28 Aug 2020 03:44
Last Modified: 28 Aug 2020 03:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28134

Actions (login required)

View Item View Item