Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Padang

Ramadhan, Syahru (2020) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_9_SYAHRU_RAMADHAN_15073050_275_2020.pdf

Download (759kB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pemeliharaan mesin kendaraan ringan siswa SMK N egeri 1 Padang. Penelitian berlangsung dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Sebelum melaksanakan siklus I, dan II terdapat tahap pra siklus yang berguna untuk mengetahui hasil dan model pembelajaran siswa. Subjek penelitian ialah siswa jurusan Teknik Kendaraan Ringan pada mata pelajaran pemeliharaan mesin kendaraan ringan semester ganjil 2019/2020. Instrumen penelitian yang digunakan ialah lembar penilaian hasil belajar. Data kuantitatif yang didapatkan kemudian dianalisis dengan statistika deskriptif. Hasil penelitian tindakan kelas siklus I menunjukkan: 1. Siswa yang aktif menjawab soal pada bahan ajar yaitu 58,3% (cukup), 2. Siswa yang aktif mengajukan pertanyaan rata-rata yaitu 41, 7% ( cukup ), 3. Siswa yang aktif menjawab pertanyaan rata-rata yaitu 53, 1 % (cukup ), 4. Siswa yang aktif mengemukakan pendapat yaitu 35,5% (rendah), 5. Siswa yang membuat kesimpulan rata-rata 52, 1 % ( cukup ). Adapun pada siklus II menunjukkan: 1. Siswa yang aktif menjawab soal rata-rata 80,2% (sangat tinggi), 2. Siswa yang aktif mengajukan pertanyaan rata-rata 61,5% (tinggi), 3. Siswa yang aktif menjawab pertanyaan rata-rata 81, 1 % (sangat tinggi), 4. Siswa yang aktif mengemukakan pendapat 64,6% (tinggi), 5. Siswa yang membuat kesimpulan rata-rata 84,4% (sangat tinggi). Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disumpulkan meningkatnya aktivitas belajar siswa dalam mata pelajaran Sistem Pendingan pada siklus I dengan jumlah rata-rata siswa yang aktif 48, 1 % dengan kriteria cukup dan pada siklus II rata-rata 74,4% dengan kriteria tinggi. Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning juga meninggkatkan hasil belajar siswa yang awalnya lulus 10 orang atau 31,25% menjadi 22 orang atau 68,75%, dan peninggkatan nilai rata-rata yang awalnya 63,43% menjadi 81,25%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:37
Last Modified: 05 Apr 2021 00:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28127

Actions (login required)

View Item View Item