Pengembangan Media Leaflet Mata Pelajaran Sejarah Pada Materi Sejarah Lokal Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Padang

Maryanti, Maryanti (2019) Pengembangan Media Leaflet Mata Pelajaran Sejarah Pada Materi Sejarah Lokal Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_MARYANTI_888_1302062_2019.pdf

Download (257kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang penelitian ini adalah adalah siswa yang belum bisa memanfaatkan buku teks yang tersedia sehingga pembelajaran sejarah menjadi kurang bermakna bagi siswa. Hal itu disebabkan buku teks yang tebal membuat siswa malas belajar serta materi yang diajarkan jarang mengaitkan dengan peristiwa sejarah di sekitar lingkungan siswa (sejarah lokal). Oleh sebab itu dilakukan sebuah pengembangan media dalam bentuk leaflet yang dapat digunakan siswa dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisan penggunaan media leaflet dalam pembelajaran sejarah pada materi pendudukan Jepang di Indonesia dan di Kota Padang. Metode yang digunakan adalah R&D, dengan mengikuti langkah pengembangan model Borg and Gall. Subjek uji coba penelitian terdiri dari siswa SMA Negeri 6 Padang kelas XI IPS 4 yang berjumlah 27 orang. Uji validasi melibatkan 2 orang ahli yaitu ahli materi dan ahli media untuk melihat kelayakan leaflet yang dikembangkan. Selain itu, juga dilakukan uji praktikalitas melibatkan 2 orang guru sejarah untuk melihat tingkat kepraktisan leaflet. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan berbentuk skala likert. Skala ini disusun dengan menggunakan kategori positif dengan nilai 5 untuk kategori sangat baik dan nilai 1 untuk kategori sangat tidak baik. Teknis analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Media leaflet berdasarkan penilaian ahli materi diperoleh skor rata-rata 3,4 berada pada kategori “layak”, sedangkan penilaian ahli media memperoleh skor rata-rata 3,5 bila interpretasikan menjadi “layak”. (2) berdasarkan tanggapan guru diketahui bahwa leaflet ‘praktis” dapat dipakai dan dilaksanakan dalam proses pembelajaran sejarah. (3) respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan leaflet pada materi pendudukan Jepang di Indonesia sangat praktis. Hal ini membuktikan bahwa leaflet yang dikembangkan layak dan praktis digunakan dalam pembelajaran terutama pada pokok bahasan pendudukan Jepang di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 27 Aug 2020 04:17
Last Modified: 27 Aug 2020 04:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28125

Actions (login required)

View Item View Item