Hubungan Self-Eficacy dengan Kedisiplinan Belajar Siswa SMK

Elvira, Riska (2019) Hubungan Self-Eficacy dengan Kedisiplinan Belajar Siswa SMK. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_RISKA_ELVIRA_15006141_4436_2019.pdf

Download (277kB) | Preview

Abstract

Disiplin merupakan sesesuatu yang berkaitan dengan pengendalian diri terhadap bentuk aturan-aturan dengan mematuhi aturan-aturan yang ada di sekitar. Kedisiplinan merupakan suatu proses atau latihan yang sudah tentu individu harus alami atau melewati proses tersebut. Kedisiplinan juga di bentuk serta berkembang melalui latihan dan pendidikan sehingga terbentuk kesadaran dan keyakinan dalam dirinya untuk berbuat tanpa paksaan. Pada kenyataanya masih banyak siswa yang tidak mentaati aturan-aturan yang berlaku di sekolah. Hal itu terjadi karena adanya siswa yang bermalas-malasan belajar karena belajar tidaklah perlu dan masih ada juga siswa yang masih kurang yakin akan kemampuan yang dimiliki oleh dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan self-efficacy siswa, (2) mendeskripsikan kedisiplinan belajar siswa, (3) menguji signifikansi hubungan self-efficacy dengan kedisiplinan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa tingkat X di SMK Negeri 10 Padang sebanyak 252 orang siswa. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan simple random sampling. Sampel penelitian ini 155 siswa SMK Negeri 10 Padang. Instrumen yang digunakan adalah (1) angket self-efficacy, (2) kedisiplinan belajar siswa. Angket dalam penelitian ini menggunakan model skala likert. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan korelasional dengan menggunakan bantuan program computer Statistic Product and Service Solution (SPSS) versi 20,0. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa (1) self-efficacy siswa berada pada kategori tinggi, (2) kedisiplinan belajar siswa berada pada kategori disiplin, (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara self-efficacy dengan kedisiplinan belajar siswa dengan koefisien korelasi 0,403 dan taraf signifikan 0,000.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Aug 2020 04:17
Last Modified: 27 Aug 2020 04:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28120

Actions (login required)

View Item View Item