Studi tentang BMB3 (Berpikir, Merasa, Bersikap, Bertindak, dan Bertanggung jawab) Siswa Berkenaan dengan Perilaku Bullying

Utari, Mustika (2019) Studi tentang BMB3 (Berpikir, Merasa, Bersikap, Bertindak, dan Bertanggung jawab) Siswa Berkenaan dengan Perilaku Bullying. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_MUSTIKA_UTARI_15006070_4435_2019.pdf

Download (410kB) | Preview

Abstract

Manusia menjalankan kehidupan sehari-hari tidak terlepas dari proses ber-BMB3 baik itu berhubungan dengan permasalahan dalam diri sendiri maupun dengan keadaan atau situasi yang ada di sekelilingnya. Salah satunya adalah berkenaan dengan adanya perilaku bullying. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek: (1) Berpikir siswa berkenaan dengan perilaku bullying, (2) Merasa/perasaan siswa berkenaan dengan perilaku bullying, (3) Bersikap/sikap siswa terhadap perilaku bullying, (4) Bertindak siswa terhadap perilaku bullying, dan (5) Bertanggung jawab siswa terhadap perilaku bullying. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA N 7 Padang jumlah 1.030 orang siswa. Sampel sebanyak 252 orang siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Data diolah menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian ini mengungkapkan studi tentang BMB3 siswa berkenaan dengan perilaku bullying berada pada kategori baik. Lebih rinci dapat dilihat dari aspek: (1) Berpikir siswa berkenaan dengan perilaku bullying berada pada kategori sangat baik; (2) Merasa siswa berkenaan dengan perilaku bullying berada pada kategori baik; (3) Bersikap siswa berkenaan dengan perilaku bullying berada pada kategori baik; (4) Bertindak siswa sehubungan dengan perilaku bullying berada pada kategori baik; dan (5) Bertanggung jawab siswa sehubungan dengan perilaku bullying berada pada kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Aug 2020 04:17
Last Modified: 27 Aug 2020 04:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28119

Actions (login required)

View Item View Item