Daya Juang Siswa (Adversity Quotient) Berprestasi di SMA dan Implikasinya dalam Pelayanan BK

Wiranda, Detra (2019) Daya Juang Siswa (Adversity Quotient) Berprestasi di SMA dan Implikasinya dalam Pelayanan BK. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_DETRA_WIRANDA_15006059_4966_2019.pdf

Download (255kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan tingkat daya juang (adversity quotient) siswa berprestasi di SMA N 1 Payakumbuh. Siswa berprestasi di SMA N 1 Payakumbuh ada memiliki prestasi namun prestasi tersebut tidak meningkat. Hal tersebut dapat dipengaruhi oleh daya juang siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan daya juang (adversity quotient) yang diukur dengan aspek (1) Kendali (control), (2) Asal-usul (Origin), (3) Kepemilikan (Ownership), (4) Jangkauan (Reach), (5) Daya tahan (Endurance). Penelitian ini mengunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dalam penelitian ini menggunakan angket daya juang (adversity quotient). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 84 orang siswa yang berprestasi di bidang akademik dan non akademik. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis persentase. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil 1) Tingkat daya juang (adversity quotient) siswa berprestasi di SMA N 1 Payakumbuh berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 67,86%, 2) Tingkat daya juang (adversity quotient) siswa berprestasi di SMA N 1 Payakumbuh berdasarkan: (a) aspek kendali (control) secara umum berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 57,14%, (b) aspek asal-usul (origin) secara umum berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 45,24%, (c) aspek kepemilikan (ownership) secara umum berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 47,62%, (d) aspek jangkauan (reach) secara umum berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 59,52% dan (e) aspek daya tahan (endurance) secara umum berada pada kategori tinggi debgan persentase sebesar 64,29%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Aug 2020 04:16
Last Modified: 27 Aug 2020 04:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28118

Actions (login required)

View Item View Item