Biografi RB.Khatib Pahlawan Kayo:dari Ikatan Pelajar Muhammadiyah hingga menjadi Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatra Barat

Pratama, Iqbal Dian (2019) Biografi RB.Khatib Pahlawan Kayo:dari Ikatan Pelajar Muhammadiyah hingga menjadi Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatra Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_IQBAL_DIAN_PRATAMA_1027_1306040_2019.pdf

Download (317kB) | Preview

Abstract

Biografi adalah suatu bentuk tulisan sejarah tentang hidup seseorang dalam konteks waktu tertentu yang dialami oleh tokoh yang bersangkutan. Skripsi ini merupakan kajian biografi yang membahas tentang RB. Khatib Pahlawan Kayo sebagai tokoh Muhammadiyah di Sumatra Barat. Fokus kajian ini ialah memaparkan dan menganalisis tindakan yang dia lakukan dalam berorganisasi di Muhammadiyah Sumatra Barat. Pada penelitian ini metode yang dipakai adalah metode penelitian sejarah dengan langkah sebagai berikut: (1) Heuristik yaitu pencarian sumber-sumber sejarah baik sumber tertulis maupun sumber lisan. Sumber tertulis melakukan pencarian dokumen tentang surat keputusan mengenai penunjukkan dia menjadi mediator hubungan Muhammadiyah Singapura dengan IAIN Imam Bonjol Padang atau SK mengenai penetapan dia menjadi ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatra Barat . Dalam hal ini juga dilakukan pencarian data sumber lisan yang melakukan wawancara dengan 3 orang narasumber, (2) Kritik Sumber baik kritik internal maupun ekternal, (3) analisis dan interpretasi (4) mendeskripsikan hasil penelitian dalam bentuk penulisan ilmiah yaitu skripsi. Di samping itu, penelitian ini juga memakai metode penelitian biografi. Tahapan dalam metode tersebut ialah (1) mengemukakan pentingnya tokoh untuk diteliti, (2) menggali serangkaian pengalaman objektif dari kehidupan tokoh, (3) mencari data yang relevan dengan tokoh dan zamannya, (4) analisis data, (5) eksplorasi makna, dan (6) melakukan generalisasi. Hasil dari penelitian ini adalah lingkungan keluarga dan sosial yang mendukung dapat mempengaruhi watak kepribadian RB. Khatib Pahlawan Kayo menjadi seorang agamais, santun, dan dikenal sebagai Pustaka Berjalannya Muhammadiyah karena pengetahuannya mengenai ilmu agama dan juga sejarah Muhammadiyah Sumatra Barat. Latar belakang seorang yang terdidik maka RB. Khatib Pahlawan Kayo mempunyai pengaruh besar terhadap kemajuan dan perkembangan Muhammadiyah di Sumatra Barat. Ia telah mampu membuktikan kiprahnya dalam organisasi Muhammadiyah Sumatra Barat dengan menjadi ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatra Barat. Tak hanya sampai disitu ia juga giat dalam berliterasi sedari muda nya dengan mengirimkan banyak sekali tulisan-tulisannya kesurat kabar lokal maupun pusat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 27 Aug 2020 04:16
Last Modified: 27 Aug 2020 04:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28117

Actions (login required)

View Item View Item