Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Las Dasar Listrik dengan Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Di Kelas X SMK Dhuafa Padang

Almi, Fadhli (2020) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Las Dasar Listrik dengan Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Di Kelas X SMK Dhuafa Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_FADHLI_ALMI_1567085_419_2020.pdf

Download (597kB) | Preview

Abstract

Las Dasar Listrikdirasakan sebagai pelajaran yang sulit untuk diterima siswa dari timbul kebosanan dalam belajar, sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Apakah dengan ModelStudent Facilitator and Explainingdapat meningkatkan hasil belajar siswa yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining pada mata pelajaran Las Dasar Listrik Kelas X di SMK Dhuafa Padang J enis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Ke las, sedangkan subjek penelitian adalah siswa Kelas XPermesinan pada semester ganji Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan jumlah 20 orang siswa. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes di akhir siklus, sedangkan alat pengumpul data yang digunakan adalah soal-soal tes. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif yang menggunakan teknik penafsiran skor acuan kriteria. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa hasil belajar siswa Kelas X SMK Dhuafa Padang setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining meningkat dari siklus Ike siklus II dimana pada siklus I ketuntasan belajar siswa mencapai 40,00% dan pada siklus II meningkat manjadi 85,00%sehingga ketuntasan hasil belajar dapat mencapai ketuntasan klasikal. Jadi dapat disimpulkan dengan menggunakan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining hasil belajar siswa dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:36
Last Modified: 05 Apr 2021 00:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28111

Actions (login required)

View Item View Item