Pelaksanaan Pengembangan Karakter Peduli Lingkungan bagi Anak dalam Konteks Alam Takambang Jadi Guru di TK Alam Minangkabau Padang

Nengsi, Mutia Indra (2019) Pelaksanaan Pengembangan Karakter Peduli Lingkungan bagi Anak dalam Konteks Alam Takambang Jadi Guru di TK Alam Minangkabau Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_MUTIA_INDRA_NENGSI_15022068_4694_2019.pdf

Download (454kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi pendahuluan yang telah peneliti lakukan, peneliti melihat banyak Taman Kanak-kanak yang belum menerapkan pelaksanaan pengembangan karakter peduli lingkungan. Berhubungan dengan itu, peneliti melihat di Taman Kanak-kanak Alam Minangkabau Padang sudah melaksanakan pengembangan karakter peduli lingkungan. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “Pelaksanaan Pengembangan Karakter Peduli lingkungan bagi Anak dalam Konteks Alam Takambang Jadi Guru di TK Alam Minangkabau Padang”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pengembangan karakter peduli lingkungan di TK Alam Minangkabau Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan di Taman Kanak-kanak Alam Minangkabau Padang. Informan penelitian adalah fasilitator dan kepala sekolah di TK Alam Minangkabau Padang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang peneliti lakukan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun teknik pengabsahan data dalam penelitian ini adalah triangulasi data. Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa pelaksanaan pengembangan karakter peduli lingkungan di TK Alam Minangkabau yaitu pengembangan pengetahuan hemat listrik, pelaksanaan hemat air, mewujudkan lingkungan bersih, menanam dan merawat tanaman, pemanfaatan barang bekas, dan pembuatan pupuk kompos. Fasilitator melakukan evaluasi melalui pengamatan, dokumentasi, rapor portofolio dan rapor narasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Aug 2020 06:38
Last Modified: 26 Aug 2020 06:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28106

Actions (login required)

View Item View Item