Evaluasi Isi/Materi Buku Teks Sejarah Indonesia Kelas X Kurikulum 2013 Revisi 2017.

Nur, Fauziah (2019) Evaluasi Isi/Materi Buku Teks Sejarah Indonesia Kelas X Kurikulum 2013 Revisi 2017. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_FAUZIAH_NUR_2310_1302089_2019.pdf

Download (326kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena banyak ditemukannya kekurangan dalam penjabaran materi pelajaran Sejarah pada buku teks Sejarah Indonesia kelas X Kurikulum 2013 revisi 2017. Kekurangan tersebut dapat dilihat pada isi buku teks yang tidak sesuai dengan Kompetensi Dasar mata pelajaran Sejarah kurikulum 2013 yakni tidak ditemukannya penjelasan Kompetensi Dasar 3.1 dan Kompetensi Dasar 3.2. Penelitian ini dibatasi pada evaluasi materi buku teks pelajaran Sejarah Indonesia kelas X terbitan Kemendikbud revisi 2017. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui kualitas isi/materi buku pelajaran Sejarah Indonesia kelas X terbitan Kemendikbud revisi 2017. Jenis penelitian ini adalah deskriptif evaluatif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui kualitas buku teks Sejarah Indonesia kelas x kurikulum 2013 revisi 2017 serta kesesuaian materi yang ada pada buku teks dengan Kompetensi Dasar 2013. Informan penelitian adalah dua orang guru mata pelajaran Sejarah Indonesia di SMA Negeri 1 Ampek Angkek. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yakni melalui observasi dan studi dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari empat kegiatan, yaitu: 1) Pengumpulan data, 2) Reduksi data, 3) Penyajian data, 4) Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku teks pelajaran Sejarah Indonesia belum memenuhi syarat-syarat buku teks yang baik. Masih terdapat beberapa materi yang tidak sesuai dengan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 seperti: tidak terdapatnya materi KD 3.1 Memahami konsep berpikir kronologis, diakronik, sinkronik, ruang, dan waktu dalam sejarah, dan KD 3.2 Memahami konsep perubahan dan keberlanjutan dalam sejarah. Penyebab dari hal ini diduga karena keterbatasan waktu dalam pembuatannya. Ketidak terlibatan penulis sesuai dengan profesi. Namun, ditinjau dari kriteria penulisan buku teks sejarah menurut Sjamsuddin sudah baik. Namun, jika ditinjau dari kelengkapan materi yang disajikan berdasarkan Kompetensi Dasar 2013 masih terdapat kekurangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 26 Aug 2020 06:38
Last Modified: 26 Aug 2020 06:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28104

Actions (login required)

View Item View Item