Masyarakat Transmigrasi di Kanagarian Panyubarangan (Trimulya) Kabupaten Dharmasraya, Studi Sejarah Sosial-Ekonomi Sejak 1983-2018

Megawati, Elsa Meta (2019) Masyarakat Transmigrasi di Kanagarian Panyubarangan (Trimulya) Kabupaten Dharmasraya, Studi Sejarah Sosial-Ekonomi Sejak 1983-2018. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_ELSA_META_MEGAWATI_2401_1201718_2019.pdf

Download (321kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan kajian sejarah sosial-ekonomi yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses kedatangan masyarakat transmigrasi di Kanagarian Panyubarangan (Trimulya) serta mendeskripsikan perkembangan sosial ekonomi masyarakat transmigrasi di Kanagarian Panyubarangan (Trimulya) Kabupaten Dharmasraya sejak 1983-2018. Sebagai kajian sejarah, penelitian ini mengunakan metode penelitian sejarah yang terbagi dalam empat tahap. Pertama, heuristik yaitu kegiatan mencari, melacak, dan mengumpulkan data dari sumber yang relevan baik primer dan sekunder. Sumber primer berupa arsip dan dokumentasi yang diperoleh dari Kantor Wali Nagari, dan didukung dengan data skunder yang didapat dengan menggunakan metode wawancara dengan masyarakat Nagari Panyubarangan, serta studi pustaka. Tahap kedua, kritik sumber dengan cara kasat mata dan membandingkan, untuk menguji keaslian dan kebenaran sumber. Tahap ketiga, interpretasi, yaitu proses analisis dan penafsiran dengan memilah-milah atau membedakan fakta yang telah dikritisi dengan pertimbangan sumber lain yang berkaitan. Tahap keempat, historiografi yaitu tahap penyajian hasil penelitian dalam bentuk karya ilmiah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses kedatangan para transmigran di Kanagarian Panyubarangan ini dimulai sejak Maret 1983 yang berupa transmigrasi umum dan lokal, kemudian disusul pada 1998 oleh para transmigrasi swakarsa mandiri. Masyarakat transmigrasi pada awal penempatan mengalami banyak kesulitan secara ekonomi, akses pendidikan dan transportasi. Untuk mencukupi kebutuhan masayarakat harus bekerja menjadi buruh dan merantau kedaerah lain. Titik perkembangan masyarakat transmigrasi dilihat dari peningkatan pendapatannya. Didukung dengan hasil perkebunan kelapa sawit kebangkitan ekonomi masyarakat transmigrasi dapat dilihat dari tempat tinggal, fasilitas transportasi dan pendidikan anak-anaknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 26 Aug 2020 06:38
Last Modified: 26 Aug 2020 06:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28101

Actions (login required)

View Item View Item