Perkembangan Objek Wisata Religi Mesjid Agung Madani Islamic Center Di Pasir Pengaraian, Kabupaten Rokan Hulu (20102017)

Agustina, Diana (2019) Perkembangan Objek Wisata Religi Mesjid Agung Madani Islamic Center Di Pasir Pengaraian, Kabupaten Rokan Hulu (20102017). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_DIANA_AGUSTINA_4414_15046090_2019.pdf

Download (325kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Perkembangan Objek Wisata Religi Mesjid Agung Madani Islamic Center Di Pasir Pengaraian, Kabupaten Rokan Hulu (20102017). Alasan mengapa penelitian penting untuk diteliti karena wisata religi belum begitu familiar dikalangan masyarakat umum. Salah satu wisata religi yang ada adalah Mesjid Agung Madani Islamic Center Pangaraian yang memiliki bangunan yang indah dan megah serta manarik pengunjung untuk mengunjungi Mesjid Agung Madani Islamic Center Pasir Pangaraian mengalami peningkatan jumlah pengunjung setiap tahun. Adapun rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini yaitu Mengapa mesjid agung Islamic center Pasir Pangaraian menjadi popular dari tahun 2015? Apakah mesjid agung Islamic center Pasir Pangaraian telah memenuhi Kriteria sebagai objek wisata religi? Tujuan penelitian ini adalah Menganalisis penyebab mesjid agung Islamic center pasir pangaraian menjadi popular dari tahun 2015. Mengidentifikasi mesjid agung Islamic center pasir pangaraian telah memenuhi Kriteria sebagai objek wisata religi. Penelitian ini mengunakan metode sejarah yang dilakukan melalui empat tahap: pertama adalah Heuristik yaitu pengumpulan data, kedua adalah kritik sumber atau tahap pengolahan data, atau menganalisis sumber informasi, melalui kritik eksternal dan internal. ketiga adalah interpretasi dimana penulis menggabungkan data dan sumber yang telah diperoleh sesuai dengan fakta dan kenyataan yang ada, keempat adalah tahap penulisan sejarah (historiografi), merupakan langkah terakhir di mana penulis melakukan penulisan dari data fakta dan sumber yang diperoleh dalam bentuk karya ilmiah yang sesuai dengan kaidah-kaidah penelitian sejarah. Hasil Penelitian ini menggambarkan Perkembangan Mesjid Agung Islamic Center Pasir Pangaraian dari tahun 2010 sampai 2017 mengalami peningkatan dalam segi pelayanan. Dari segi pengunjung terjadi peningkatan dari tahun 2010 dan mencapai puncak pada tahun 2015 dengan jumlah pengunjung terbanyak. Mesjid agung islamic center pasir pangaraian dapat dikatakan sebagai salah satu objek wisata karena sudah memenuhi beberapa kriteria sebagai wisata religi seperti memberikan kesegaran jasmani dan rohani, sebagai tempat shalat, Dzkir dan berdoa, sebagai aktivitas keagaamaan dan sebagai aktivitas masyarakat. Pola pembangunan dan pengembangan mesjid sehingga Mesjid Agung Islamic Center Pasir Pangaraian menjadi populer tidak terlepas dari peran dan kerjasama yang dilakukan oleh pengrus mesjid dengan pemerintah, pengrus mesjid dengan masyrakat, dan pengurus dengan perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 26 Aug 2020 06:38
Last Modified: 26 Aug 2020 06:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28100

Actions (login required)

View Item View Item