Pengembangan Modul Pembelajaran Sejarah berbasis Green History (Materi : Kolonialisme dan Imperialisme Eropa di Indonesia

Sar’i, Dahliana (2019) Pengembangan Modul Pembelajaran Sejarah berbasis Green History (Materi : Kolonialisme dan Imperialisme Eropa di Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_DAHLIANA_SAR'I_4641_15046032_2019.pdf

Download (318kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya sumber belajar yang menekankan nilai lingkungan sehingga membuat siswa menjadi acuh dengan lingkungannya meskipun sudah diterapkan sanksi bagi siswa yang membuang sampah sembarangan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran sejarah berbasis Green History dalam pembelajaran guna meningkatkan kepedulian siswa terhadap lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development), dengan mengikuti langkah pengembangan model ADDIE (Analyze (Analisis), Design (Design), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) and Evaluation (Evaluasi)). Namun dalam penelitian ini prosedur penelitian dilakukan hanya sampai pada tahap Development. Subjek uji praktikalitas penelitian terdiri dari 32 orang peserta didik SMA Negeri 2 Padang kelas XI IPS 2. Pada penelitian ini dilakukan uji kelayakan dan praktikalitas berdasarkan penilaian dari ahli materi pelajaran Sejarah Indonesia, ahli materi Green History, ahli modul, guru sejarah dan siswa dengan menggunakan angket untuk menilai kelayakan dan kepraktisan modul pembelajaran sejarah berbasis Green History. Penelitian pengembangan ini menghasilkan sebuah produk berupa modul pembelajaran sejarah berbasis Green History. Tahapan yang dilakukan untuk menghasilkan Modul Pembelajaran Sejarah berbasis Green History adalah: (a) Mengumpulkan sumber data dan informasi untuk konten (materi) produk (b) Identifikasi materi yang mengandung unsure Green History (c) Membuat peta konsep sesuai dengan materi yang dikembangkan (d) Desain cover modul yang sesuai dengan materi yang dikembangkan (e) Menggabungkan semua draft dengan desain cover untuk kemudian dilanjutkan dengan proses pencetakan.Hasil uji kelayakan modul dari segi materi pelajaran Sejarah Indonesia oleh ahli materi sejarah adalah 3.64 dengan kategori sangat layak. Dari segi materi Green History oleh ahli materi Green History adalah 3.56 dengan kategori sangat layak. Dari segi tampilan modul oleh ahli modul adalah sebesar 3.44 dengan kaegori sangat layak. Uji praktikalitas modul oleh guru adalah sebesar 3.75 dengan kategori sangat praktis dan oleh siswa adalah sebesar3.57 dengan kategori sangat praktis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah materi pembelajaran sejarah dapat dikaitkan dengan Green History dan efektif untuk menumbuhkan kecerdasan ekologis pada diri peserta didik serta praktis digunakan untuk menanamkan sikap peserta didik yang peduli dengan lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 26 Aug 2020 06:38
Last Modified: 26 Aug 2020 06:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28099

Actions (login required)

View Item View Item