Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk meningkatkan Partisipasi Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Kota Solok dalam proses Pembelajaran Sejarah

Nursedi, Ahmad Fauzan (2019) Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk meningkatkan Partisipasi Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Kota Solok dalam proses Pembelajaran Sejarah. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_AHMAD_FAUZAN_NURSEDI_6738_14046031_2019.pdf

Download (258kB) | Preview

Abstract

Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya tingkat partisipasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran pada mata pelajaran Sejarah di SMAN 1 Kota Solok. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permasalah ini adalah penggunaan model kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam meningkatkan partisipasi siswa pada pembelajaran Sejarah di kelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ialah siswa kelas XI IPS 1. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah menggunakan teknik observasi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dimana setiap siklus terdapat 2 kali pertemuan artinya penelitian ini berlangsung selama 4 kali pertemuan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis persentasi yang kemudian diberikan pemaknaan dalam setiap peningkatan partisipasi siswa. Hasil penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran sejarah. Partisipasi siswa meningkat dari 23% pada pra-siklus menjadi 67,51% dan 86,71% pada siklus ke II. Berdasarkan hasil tersebut hipotesis penelitian ini berhasil dibuktikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 26 Aug 2020 06:37
Last Modified: 26 Aug 2020 06:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28096

Actions (login required)

View Item View Item