Fisibilitas Pembelajaran High Order Thinking Skill (HOTS) pada Materi Dinamika Atmosfer dan Dampaknya terhadap Kehidupan

Zulfikar, Zulfikar (2019) Fisibilitas Pembelajaran High Order Thinking Skill (HOTS) pada Materi Dinamika Atmosfer dan Dampaknya terhadap Kehidupan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_ZULFIKAR_4141_15045043_2019.pdf

Download (354kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fisibilitas pembelajaran HOTS ditinjau dari aspek perencanaan, aspek pelaksanaan, dan aspek penilaian pada materi Dinamika Atmosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh obasevasi awal yang menunjukkan bahwa pembelajaran belum sesuai dengan kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian deskriptif merupakan suatu bentuk penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan fenomena-fenomena yang ada, baik fenomena alamiah maupun fenomena buatan manusia. Populasi didalam penelitian ini adalah seluruh kelas X di SMA Negeri 1 Padang dan SMA Negeri 7 Padang yang belajar materi Dinamika Atmosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik random sampling yaitu kelas X IIS di SMA Negeri 1 Padang dan kelas X IPS 1 di SMA Negeri 7 Padang. Hasil penelitian menunjukkan (1) ditinjau dari aspek perencanaan pembelajaran , kedua sekolah sudah termasuk kedalam kategori sangat baik dengan persentase SMA Negeri 1 Padang 95,83 % sedangkan SMA Negeri 7 Padang 91,66 %. (2) Ditinjau dari aspek pelaksanaan pembelajaran, pada kegiatan ABL SMA Negeri 1 Padang memperoleh persentase antara 81% - 89% termasuk kedalam kategori baik dan sangat baik, di SMA Negeri 7 Padang mendapatkan kategori tidak baik dan kurang baik dengan persentase antara 60% - 66%. (3). Ditinjau dari aspek penilaian pembelajaran (lembar Kerja Peserta Didik) kedua sekolah sama-sama mendapatkan kategori baik dan sangat baik dengan persentase antara 75 %-100%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 26 Aug 2020 03:19
Last Modified: 26 Aug 2020 03:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28084

Actions (login required)

View Item View Item