Dampak Pembangunan Jembatan Baturijal Terhadap Sistem Pemasaran Hasil Kelapa Sawit Di Jorong Baturijal Nagari Baturijal Kecamatan Padang Lawas Kabupaten Dharmasraya

Handayani, Yuyun Sri (2019) Dampak Pembangunan Jembatan Baturijal Terhadap Sistem Pemasaran Hasil Kelapa Sawit Di Jorong Baturijal Nagari Baturijal Kecamatan Padang Lawas Kabupaten Dharmasraya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_YUYUN_SRI_HANDAYANI_2571_1302037_2019.pdf

Download (270kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak pembangunan jembatan terhadap sistem pemasaran, transportasi, dan pendapatan petani kelapa sawit di Jorong Baturijal Nagari Baturijal Baturijal Kecamatan Padang Laweh. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif. Dengan informan penelitian sebanyak 25 orang petani kelapa sawit. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu dampak pemasaran untuk petani di Jorong Baturijal sebelum ada Jembatan Baturijal, masyarakatnya lebih sering menjual ke tengkulak di luar, namun setelah ada jembatan masyarakat lebih sering menjual ke tengkulak dalam nagari. Sementara untuk tengkulak, sebelum ada jembatan lebih sering menjual ke pabrik di luar Kecamatan Padang Laweh, sementara sesudah adanya jembatan tengkulak kadang menjual ke pabrik di Padang Laweh. Perbedaan harga sawit antar tengkulak sebelum ada jembatan lebih mahal di tengkulak luar nagari, sementara setelah ada Jembatan Baturijal harga sawit lebih sering mahal di tengkulak dalam nagari. Dalam penggunaan transportasi tidak ada perbedaan, karena masyarakat sering menggunakan transportasi yang disediakan langsung oleh tengkulak, namun biaya angkut di tengkulak di Jorong Baturijal menjadi lebih murah dari sebelumnya yaitu dari Rp 120.000 menjadi Rp 100.000,-. Perbedaan ke tengkulak sebelum ada jembatan yaitu 5 Km dengan beda waktu ±20 menit, sementara perbedaan ke pabriknya yaitu 15 km dengan beda waktu ±1 jam. Perbedaan pendapatan masyarakat sebelum dan sesudah ada jembatan mulai meningkat begitu juga dengan pendapatan tengkulak di Jorong Baturijal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 26 Aug 2020 03:19
Last Modified: 26 Aug 2020 03:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28083

Actions (login required)

View Item View Item