Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Basil Belajar Siswa Kelas X Teknik Pemesinan di SMK Negeri 1 Batip uh

Putra, M.Agus Trian (2020) Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Basil Belajar Siswa Kelas X Teknik Pemesinan di SMK Negeri 1 Batip uh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_M_AGUS_TRIAN_PUTRA_15067097_573_2020.pdf

Download (674kB) | Preview

Abstract

Setelah melakukan pengamatan serta melihat hasil belajar siswa dapat disimpulkan bahwa banyak siswa yang masih belum dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 75. Hal ini terjadi karena guru belum menggunakan model pembelajaran yang kreatif dan inovatif sehingga kurangnya minat siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan, keterampilan dan hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran Project Based Learning pada pembelajaran Gambar Teknik di SMK Negeri 1 Batipuh dan neningkatkan hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran Project Based Learning pada pembelajaran Gambar Teknik di SMK Negeri 1 Batipuh. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ( Classroom Action Research), dimana peneliti bertindak sebagai guru yang melakukan tindakan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober-November 2019. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang masing-masing terdiri dari dua kali pertemuan. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi untuk melihat perubahan keaktifan dan keterampilan belajar siswa setiap siklusnya dan untuk mengukur data hasil belajar siswa digunakan lembaran tes. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan terdapat rata-rata keaktifan siklus I adalah 58,82% dan pada siklus II adalah 85,29%. Begitu juga dengan keterampilan siswa, analisis rata-rata pada siklus I adalah 61,76% dan pada siklus II adalah 88,24%. Selain itu, hasil belajar juga mengalami peningkatan ketuntasan secara klasikal. Pada siklus I ketuntasan klasikal adalah 58,82% dengan 20 siswa tuntas dan pada siklus II adalah 85,29% dengan 29 siswa tuntas. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat gambar teknik kelas X TP di SMK Negeri 1 Batipuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:36
Last Modified: 05 Apr 2021 00:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28076

Actions (login required)

View Item View Item