Fisibilitas Pembelajaran High Order Thingking Skill (HOTS) Pada Materi Dinamika Atmosfer Dan Dampaknya Terhadap Kehidupan

Megahandani, Sisca (2019) Fisibilitas Pembelajaran High Order Thingking Skill (HOTS) Pada Materi Dinamika Atmosfer Dan Dampaknya Terhadap Kehidupan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_SISCA_MEGAHANDANI_2975_15045114_2019.pdf

Download (336kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fisibilitas pembelajaran HOTS ditinjau dari aspek perencanaan, aspek pelaksanaan dan aspek penilaian pada materi dinamika Atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh observasi awal yang menunjukkan bahwa pembelajaran belum terlaksana dengan baik dan belum sesuai dengan kurikulum 2013. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X di SMA N 2 dan SMA N 3 Bukittinggi yang belajar geografi. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Kelas yang dijadikan sampel adalah X IPS 4 di SMA N 2 Bukittinggi dan X IPS 2 di SMA N 3 Bukittinggi. Penelitian dilaksanakan pada empat kali pertemuan dalam satu KD. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), analisis kegiatan pembelajaran HOTS, analisis penilaian LKPD. Hasil penelitian yang berkaitan dengan perencanaan pembelajaran, perencanaan di SMA N 2 Bukittinggi termasuk kedalam kategori baik dengan persentase 78.57% dan dan SMA N 3 Bukittinggi 82.14% dengan kategori sangat baik. Aspek Pelaksanaan pembelajaran terdapat perbedaan dalam kegiatan ABL peserta didik, SMA N 2 Bukittinggi mendapatkan persentase antara 71% - 75% dengan rata-rata 72.78% yang termasuk kedalam kategori kurang baik dan pada SMA N 3 Bukittinggi memiliki persentase antara 71% - 83% dengan rata-rata 78.64% yang termasuk kedalam kategori baik. Aspek penilaian LKPD di SMA N 2 Bukittinggi belum termasuk kedalam kategori HOTS dengan persentase soal yang HOTS 32% dan soal yang LOTS/MOTS 68%, sedangkan SMA N 3 Bukittinggi soal dengan kategori HOTS 67% dan soal yang LOTS/MOTS 33% dari soal LKPD.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 25 Aug 2020 02:38
Last Modified: 25 Aug 2020 02:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28073

Actions (login required)

View Item View Item