Pengaruh variasi Side Rake Angel dan kedalaman pemotongan penyekrapan terhadap niulai kekasaran permukaan baja karbon rendah ST - 37

lchsan, Muhammad (2020) Pengaruh variasi Side Rake Angel dan kedalaman pemotongan penyekrapan terhadap niulai kekasaran permukaan baja karbon rendah ST - 37. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_MUHAMMAD_ICHSAN_15067011_947_2020.pdf

Download (601kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh salah satu variasi sudut mata pahat yaitu Side Rake Angle dan variasi kedalaman pemotongan proses penyekrapan datar terhadap nilai kekasaran permukaan baja karbon rendah ST-37, dan mengetahui variasi Side Rake Angle dan kedalaman pemotongan yang tepat untuk mendapatkan kualitas permukaan yang halus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, yakni suatu penelitian untuk mengetahui basil pengamatan dengan melakukan percobaan. Waktu penelitian ini dimulai pada bulan November 2019, bertempat di Laboratorium Pemesinan, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang. Hasil penelitian menunjukan, dari Sembilan kali pengujian didapat dua pengujian yang bagus terhadap kekasaran bahan baja ST-37 yaitu pada pengujian pertama dan pengujian keempat, pengujian pertama yaitu variasi side rake angle 14° pada kedalaman pemotongan 0,5 mm sebanyak 3 spesimen dengan nilai kekasaran permukaan total ketiga spesimen 3,35 µm dan pengujian keempat yaitu dengan variasi side rake angle 16° pada kedalaman pemotongan 0,5 mm sebanyak 3 spesimen dengan nilai kekasaran total 3,47 µm dan nilai kekasaran masing-masing spesimen pada kelas N8. Penelitian ini membuktikan bahwa Variasi side rake angle pahat HSS dan variasi kedalaman pemotongan sangat berpengaruh terhadap tingkat kekasaran permukaan baja ST-37 pada proses penyekrapan datar. Untuk mendapatkan kualitas permukaan yang halus dapat menggunakan variasi side rake angle 14° dan kedalaman pemotongan 0,5mm.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:36
Last Modified: 05 Apr 2021 00:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28065

Actions (login required)

View Item View Item