Analisis Pertanyaan Berpikir Spasial pada Ujian Harian Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri Kota Padang

Vianof, Okta (2019) Analisis Pertanyaan Berpikir Spasial pada Ujian Harian Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_OKTA_VIANOF_4013_14045055_2019.pdf

Download (273kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat berpikir spasial pada soalsoal ujian harian mata pelajaran geografi di SMA Negeri Kota Padang dengan rincian SMA Negeri 3 Padang, SMA Negeri 6 Padang, dan SMA Negeri 8 Padang Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan analisis konten/isi terhadap soal ujian harian mata pelajaran geografi setiap kompetensi dasar (KD). Subjek penelitian ini adalah soal ujian harian geografi kelas 10, 11, dan 12 di SMA Negeri 3 Padang, SMA Negeri 6 Padang, dan SMA Negeri 8 Padang. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan melihat persentase analisis berpikir spasial pada soal ujian harian. Hasil penelitian ini menemukan bahwa soal ujian harian mata pelajaran geografi di SMA Negeri Kota Padang berada pada tingkat berpikir nonspasial dengan rata-rata 45,2%, selanjutnya simpel spasial dengan rata-rata 30,6%, primitif spasial dengan rata-rata 18,7% dan komplek spasial dengan rata-rata 5,5%, dengan rincian pada SMA Negeri 3 Padang kelas 10 didominasi oleh kategori simpel spasial dengan persentase 36,67% dari keseluruhan soal, pada kelas 11 didominasi oleh kategori nonspasial dengan persentase 57,1% dari keseluruhan soal, dan pada kelas 12 didominasi oleh kategori nonspasial dengan persentase 43,33% dari keseluruhan soal, SMA Negeri 6 Padang kelas 10 didominasi oleh kategori primitif spasial dengan persentase 40% dari keseluruhan soal, pada kelas 11 didominasi oleh kategori nonspasial dengan persentase 46,67% dari keseluruhan soal, dan pada kelas 12 didominasi oleh kategori non spasial dengan persentase 54,05% dari keseluruhan soal, dan SMA Negeri 8 Padang kelas 10 didominasi oleh kategori primitif spasial dengan persentase 35,13% dari keseluruhan soal ujian harian, pada kelas 11 didominasi oleh kategori nonspasial dengan persentase 57,14% dari keseluruhan soal ujian harian, dan pada kelas 12 didominasi oleh kategori nonspasial dengan persentase 59,38% dari keseluruhan soal ujian harian geografi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 24 Aug 2020 07:38
Last Modified: 24 Aug 2020 07:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28060

Actions (login required)

View Item View Item