Penerapan Model Pembelajaran Type Think Pair Share (TPS) dalam Meningkatan Basil Belajar Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif Kelas X Teknik Kendaraan Ringan di SMKN 1 Sumbar

lfrinaldo, lfrinaldo (2020) Penerapan Model Pembelajaran Type Think Pair Share (TPS) dalam Meningkatan Basil Belajar Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif Kelas X Teknik Kendaraan Ringan di SMKN 1 Sumbar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_9_IFRINALDO_15073030_285_2020.pdf

Download (711kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan latar belakang, masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknologi dasar otomotif masih rendah, siswa kurang aktif karena proses pembelajaran yang dilakukan lebih berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran type think pair Share (TPS) pada mata pelajaran teknologi dasar otomotif ringan kelas X TKR di SMKN 1 Sumbar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan november 2019 di kelas X TKR 1 dengan jumlah siswa 36, yang terdiri dari empat siklus yang masing-masing siklus terdiri 1 pertemuan. Data yang dikumpulkan mengunakan lembar observasi untuk melihat perubahan, peningkatan aktifitas dan hasil belajar siswa dengan mengunakan Pre-Test dan Post-Test. Mata diklat yang dipakai dalam penelitian ini adalah Teknologi Dasar Otomotif. Hasil penelitian mengungkapkan, bahwa peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran type think pair, di dapatkan rata-rata siklus 1 adalah 70,56, rata-rata siklus 2 adalah 74,86, rata-rata siklus 3 adalah 80,26, dan rata-rata siklus 4 adalah 80,00 sehingga di ketahui kenaikan skor hasil belajar menggunakan model pembelajaran type think pair lebih tinggi di bandingkan dengan mengunakan metode ceramah. Secara statistik didapatkan nilai p < 0,05 yang berarti dapat di simpulkan terdapat perbedaan yang signifikan dalam peningkatan skor hasil belajar menggunakan model pembelajaran type think pair. Hasil penelitian tindakan kelas ini dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran type think pair pada mata pelajaran teknologi dasar otomotif kelas X TKR di SMKN 1 Sumbar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:36
Last Modified: 05 Apr 2021 00:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28053

Actions (login required)

View Item View Item