Hubungan Locus Of Control dengan Disiplin Siswa di SMP

Nulhusni, Nadyya (2019) Hubungan Locus Of Control dengan Disiplin Siswa di SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_NADYYA_NULHUSNI_15006132_5099_2019.pdf

Download (355kB) | Preview

Abstract

Dalam kegiatan belajar di sekolah, siswa tidak terlepas dari peraturan dan tata tertib yang diberlakukan di sekolah, dimana setiap siswa dituntut untuk dapat berperilaku sesuai dengan aturan dan tata tertib yang ada di sekolah tersebut. Berperilaku sesuai dengan aturan dan tata tertib itu disebut dengan disiplin. Disiplin sekolah sangat penting diterapkan karena dapat memberikan dukungan agar terciptanya perilaku yang tidak menyimpang, mendorong siswa melakukan yang baik dan benar, membantu siswa memahami dan menyesuaikan diri dengan tuntutan lingkungannya dan menjauhi untuk melakukan hal-hal yang dilarang oleh sekolah, siswa belajar hidup dengan kebiasaan-kebiasaan yang baik dan bermanfaat baginya serta lingkunganya. Namun, kenyataan di lapangan banyak ditemukan siswa yang keluar masuk kelas saat pelajaran berlangsung, mengganggu temannya saat belajar, tidak serius dalam mengikuti pelajaran, mencontek dengan teman sekelasnya saat ujian, sengaja tidak membawa atribut sekolah, terlambat datang ke sekolah, cabut saat jam pelajaran, berkata tidak sopan saat berbicara dengan teman, ikut mengeluarkan baju seragam bagi laki-laki. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai disiplin siswa, locus of control, serta bagaimana hubungan locus of control dengan disiplin siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional yang bertujuan untuk menemukan fakta sesuai dengan keadaan sebenarnya. Populasi penelitian ini sebanyak 546 orang siswa dan sampel 100 orang siswa dengan menggunakan rumus slovin. Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Stratified Random Sampling. Instrumen pengumpulan data adalah angket disiplin siswa yang menggunakan skala Likert dan inventori locus of control yang menggunakan teknik baku yang telah diadopsi dari Bapak Dr. Marjohan M.Pd., Kons. Data diolah mengunakan teknik analisis statistik deskriptif dan untuk meguji hubungan data dianalisis mengunakan rumus Pearson Product Moment dengan program Statical Product and Service Solution (SPSS) version 20.0. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) locus of control memiliki kecendrungan locus of control internal, (2) Disiplin siswa berada pada kategori sedang. (3) terdapat hubungan negatif signifikan antara locus of control dengan disiplin siswa di SMP Negeri 13 Padang dengan nilai signifikan 0,045. Jadi semakin baik locus of control siswa, semakin patuh dia dalam melaksanakan disiplin. Berdasarkan temuan penelitian ini, diharapkan guru BK atau konselor dapat memberikan bantuan berupa layanan-layanan Bimbingan Konseling.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 24 Aug 2020 04:02
Last Modified: 24 Aug 2020 04:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28050

Actions (login required)

View Item View Item